Bule, Bule, oh Bule...

By Kezia Tania - Saturday, March 03, 2012

Bule. Itu dia nickname keren yang biasa dipake orang Indonesia untuk orang-orang dari negeri Barat. Atau.. Yah, yang berwajah ke-Barat-baratan lah.

Gue sendiri baru tau kalo kata 'bule' itu berasal dari bahasa Dayak (kalo nggak salah! Soalnya, pernah baca-baca gitu.) Yaitu 'bu-lei' yang artinya pucat. Secara, kulit orang bule pucat-pucat. Maksud gue, putihnya putih pucat gitu. Beda sama putihnya orang oriental (orang-orang Chinese, Jepang, Korea, Tionghoa, dan sebangsanya.).

Tapi, yang pengen gue bahas disini bukan masalah asal muasal kata 'bule'-nya. Tapi tentang eksistensi mereka di kalangan orang Indonesia.

Oke.
Sebelumnya, biar postingan gue kali ini nggak ngebosenin, gue punya satu pertanyaan buat para pembaca post ini: "Seberapa kerenkah hal-hal yang berbau bule atau ke-Barat-baratan itu buat kalian?"

Yeah.
Susah juga sih jawabnya.
Secara, 80% rakyat Indonesia (khususnya di kalangan anak muda zaman sekarang) merasa lebih keren atau lebih hebat kalo menggunakan/memakai/membicarakan/melakukan apa pun yang ada hubungannya dengan ke-bule-bulean ini.

Jujur nih ya, jujur. Gue juga merasa ada kepuasaan da kesenangan tersendiri kalo lagi ngomongin atau bahkan melakukan apa pun yang ada hubungannya dengan sifat ke-bule-bulean ini.

Misalnya nih, sekarang lagi nge-trend berbicara dengan gaya bahasa Inggris.
Contohnya kayak, "Duh. You know, lah. Gue itu kan orangnya nggak kayak begi-tchyu... Secara, dia itu so sweet bangeeett sama gueee..."

Bleaahh. Gue jadi geli sendiri. Menjijikan. Sungguh haram.

Yang tadi itu merupakan contoh gaya berbicara yang biasa dilakukan oleh kebanyakan kakak-kakak SMA cewek (meskipun nggak jarang juga gue denger anak-anak SMP ngomong kayak gitu.).

Intinya adalah, budaya ke-Barat-baratan sekarang udah merebak luaaass banget di Indonesia.
Yang jadi pertanyaan gue sekarang adalah; apa yang membuat sifat ke-Barat-baratan itu jadi terkesan keren di Indonesia?

Jawabannya gampang. Anak kelas 6 SD juga bisa jawab kenapa.
Itu karena orang Barat punya fisik yang bagus. Ganteng-ganteng, cantik-cantik tiada cacat bercela (hiperbola dikit nggak apa-apa, ya.)

Liat aja gambar orang-orang Barat di bawah ini yang gue dapet dari Google, Tumblr, dan sumber lainnya:



<<-- Lihat. Cakep kan? Ganteng kan? Lihat dan perhatikan dengan seksama wajah itu! Deretan giginya rapi, putih, matanya tajam, mantulin cahaya pula. Gimana cewek-cewek Indonesia nggak suka sama cowok-cowok Barat yang kurang lebih tampangnya kayak begini?? (._.)





Dan, lihat wajah selanjutnya! Gimana orang Indonesia nggak suka ngeliat cewek yang punya wajah kayak Emma Stone ini?? (Emang Emma Stone, sih ._.) -->>
Cantik, kaaann??


See? Every Indonesian is a little bit 'obsessed' with Western people .____. Itu semua karena mereka punya wajah yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik; hidung mancung, kulit putih (di Indonesia, orang yang punya warna kulit cerah dianggap ganteng/cantik karena mayoritasnya berkulit sawo matang), sorotan mata tajam, warna mata yang beragam (di Indonesia, warna mata yang ada cuma hitam dan hitam ke-cokelat-coklatan), badannya tinggi-tinggi (orang Barat punya tinggi rata-rata 180 cm .______. Dan fakta seperti itulah yang membuat orang Indonesia menggilai orang Barat .___.).

Orang Indonesia pasti selalu bangga kalo punya pacar orang bule. Misalnya gini, nih:
A:"Eeehh... Si Inem! Gimana jeng, kabar loee? Kerjaan lo gimana di Amrik? (^o^)"
B:"Eeehhh, Inyeemm! Baek, baeekk.. Jualan peyek gue sukses lho Nyem! Dapet bonus, pulaaa"
A:"Haa?? Bonus? Bonus apaan tuh Nem?"
B:(nyeret bule berambut pirang, mata biru, kulit putih sempurna, badan tinggi tegap, six-pack ._. gyahaha)"Niiih.. (\^o^/)"
A:"Whoaaaa... (*0*)"

Gyahahhha! XD
Tuh kan? Pasti dibangga-banggain. Padahal kita nggak tau apakah si bule itu punya kemampuan intelektual yang bagus, atau kondisi perekonomiannya bagus.
Atau bahkan, dia cuma mau memperbudak si Inem.

Bisa jadi.

Nokap gue bilang, "Kez. Pacarnya kak Ini orang Belanda, lho." And I was like, "Terus? Penting? Toh, alam semesta dan seluruh isinya nggak akan selamat dari kiamat hanya karena pacarnya orang Belanda." Though I didn't say it to her.


Apa sih yang bikin kita sebagai warga Indonesia, JAUH LEBIH BANGGA punya pacar orang bule ketimbang punya pacar orang Indonesia?

Yah itu tadi. Karena fisik mereka lebih sempurna.

Gue sendiri (jujur nih ya, jujur.) juga mau punya pacar orang bule, terus married, terus tinggal di negerinya dan punya anak yang wajahnya blasteran. Tapi gue jadi mikir, kalo begitu caranya, gue nggak bisa jadi warga Indonesia lagi dong unless suami gue yang bule itu tinggal di Indonesia.

Gyahahaha.

Nah.
Kalo diliat dari segi kebudayaan atau kesehariannya, orang Indonesia suka sama orang Barat karena kami (orang Indonesia) tau kalo orang Barat jaaaaauuuuuhhh lebih maju dibandingkan sama negara kami sendiri.

Buktinya, yang menjajah Indonesia semuanya dari orang-orang Barat (Belanda, Portugis, Inggris) dan yang dari negara Asia cuma Jepang.
Dari pengalama dijajah inilah orang Indonesia tau kalo orang Barat lebih pintar, lebih maju, dan selalu jadi yang utama di kalangan rakyat Indo.

Trus nih, ada kalanya orang Indonesia kagum sama kesehariannya orang Barat. Ambil contoh nih, kan orang Barat udah dari dulu pake baju modern, sementara rakyat Indo masih ada yang pake baju daerah yang nggak terbuat dari bahan kain. Mereka pasti bakal mikir kalo orang Barat itu kaya raya karena bisa pake baju berbahan kain. Padahal belum tentu. Toh, orang-orang yang homeless disana juga pake baju berbahan kain.

Yang bikin gue bingung sekarang adalah, kenapa orang bule selalu diutamakan bahkan dianggap super-duper spesial sama orang Indo?

Ada banyak kemungkinannya:
1. Orang bule itu adalah pendatang dari negeri lain. Jadi, sebagai salah satu bentuk pelayanan buat pengunjung, kita harus ngutamain mereka.
2. Orang bule itu adalah atasan alias boss mereka.
3. Orang bule itu cakep.
4. Orang bule itu punya kepentingan lain yang bisa menyangkut perekonomian negara, bahkan hidup orang Indo!

Naaah... Sekarang, mari kita bahas satu-satu (udah kayak belajar IPS aja nih -____- hahahaha)
Buat alasan yang pertama, cukup masuk akal. Soalnya, kita sebagai tuan rumah harus mendahulukan tamu kita. Tapi yang bikin gue bingung, kenapa harus mereka dulu?

Di mana-mana, khususnya di Bali setau gue, yang dilayanin duluan dan yang dapet pelayanan terbaik adalah pengunjung orang bule ketimbang pengunjung orang Indonesia sendiri.

Gue baca di komik Benny&Mice, disana digambarin ilustrasi bagaimana orang bule itu lebih dihormatin sama orang Indonesia, ketimbang sama rakyatnya sendiri.
Jadi di situ ada gambar, orang Indonesianya udah duduk duluan. Mereka mau makan nasi, sama lauk, waah pokoknya banyak deh. Eh, selang beberapa menit dari mereka duduk, dateng seorang bule.
Bule itu baru duduk, dan langsung diladenin sama pelayannya sementara si orang Indonesia ini harus nunggu sampe pesenan si bule nyampe.

Tau nggak, orang bule ini mesen apa?
Dia mesen sebotol air mineral.

Hebat.

Bokap gue cerita, watu dia ke Bali bareng temen-temennya buat kerja, pas lagi mau ke sebuah toko suvenir, dia nanya sama mas-masnya, "Yang ini harganya berapa?"
Dengan malesnya, si penjual jawab, "Mmm... (senderan di tembok, matanya ngeliat ke kuku jari) Rp75000"

Begitu seorag bule dateng, langsung diladenin super kebalik alias sopan banget.

Rada-rada aneh, sih.

Trus buat alasan yang kedua, emang sih banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia (bahkan yang asli dari Indonesia-nya sendiri) dikepalai sama orang bule.
Gue pergi ke acara kantor apa, boss-nya bule. Gue dateng ke acara ulang tahun anak kecil, yang jadi badutnya bule (eh).

Pokoknya, semuanya orang bule deh. Padahal nggak sedikit kok rakyat Indonesia yang cocok jadi boss alias pemimpin buat perusahaan di Indonesia, bahkan jadi pemimpin di negeri Barat. Nggak sedikit rakyat Indonesia yang punya kemampuan intelektual yang sama bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan orang-orang bule.

Tapi kenapa? Kenapa?? KENAPAAA yang jadi pemimpin itu selalu orang bule??

Oke. Mulai rada gila nih gue sekarang -_- ahahh.

Buat alasan yang ketiga, yaaahh.. Lo lo pada tau lah ya, kenapa bisa begitu.
Nah, kalo buat alasan yang ke-4, kurang lebih sama dengan alasan yang kedua.

Yang jadi inti dari permasalahan yang gue tulis, adalah kenapa semuanya harus orang bule? .___.
Hayo, kenapa hayo, hayooo?
Karena ya, karena.

Yaudah deh, udahan dulu. Capek nulisnya. Dah! -_^




  • Share:

You Might Also Like

17 comments

  1. i luuuuuuuuuuupzzzz bule

    ReplyDelete
  2. itu bule yang cowonya siapa namanya?:o

    ReplyDelete
  3. mmm.. nggak tau juga sih namanya siapa :( waktu itu cuma asal nge-search "cute guy" aja di Tumblr. hehehe :P

    Ganteng, ya? :)

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, saya emang sering nulis yang terkesan terlalu sok kebule-bulean, dan saya menyadari itu. tapi ada bagian dimana saya menulis "Jujur nih ya, jujur. Gue juga merasa ada kepuasaan da kesenangan tersendiri kalo lagi ngomongin atau bahkan melakukan apa pun yang ada hubungannya dengan sifat ke-bule-bulean ini." dan saya mengaku kalo saya juga gak sepenuhnya menjadi orang yang menjelek-jelekan warga Barat. saya juga nggak 100% kontra sama orang-orang bule yang emang punya pengaruh besar terhadap Indonesia dari segi apa pun.
      Saya cuma ingin nulis kalo kita orang Indonesia juga punya peluang untuk bisa memegang 'posisi' yang hampir setara dengan orang-orang Barat disini.
      Lagipula, nggak sedikit kok orang-orang Indonesia yang punya potensial yg cukup besar di bidang apa pun. Yang kita butuhkan cuma keyakinan kalo kita bisa memimpin negara kita walaupun mungkin gak sehebat orang Barat yang mimpin seperti sekarang ini. :)



      Maaf, kalo menurut saudara/i postingan saya yang satu ini mengandung SARA, gaya bahasanya terlalu menghakimi, menyindir/menyakiti hati saudara/i :)

      terima kasih atas komentar yg saudara/i sudah tulis

      Delete
  5. Kakak, nama Tumblr kakak apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diliat di "My Links" di blog ini :)
      atau, langsung aja ke: keziatania.tumblr.com

      oke :)

      Delete
  6. Okk kak :) thx yah :)
    Nama kakak 'keziatania" yah ??
    Akuu follow yah kak, namaku veronicagraciana :)

    ReplyDelete
  7. aha..sy suka sekali dgn tulisan anda XD

    klo boleh jujur nih ya..sy betul2 iri sama org bulee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha terimakasih sudah membaca postingan ini (saya masih SMP wkt menulis ini, jd maafkan bila banyak kesalahan kata/istilah) XD

      Delete
  8. Ya begitulah di masyarakat Kita, apa yang kebarat-baratan. Harusnya bangga dengan budaya Kita Dan bahasa Kita. Bule dinegaranya Ada yang tukang sampah, tukang kayu Dan posisi grassroot lainnya. Yang jjs ke Bali tuh gak semuanya bule kaya, bule tukang cuci juga bisa ke Bali soalnya mereka tiap tahun dapat jatah libur Dan uang liburan Dari tempat kerja. Bule ganteng jjs ke Indo mungkin aja dia Tukang sampah di negaranya. Bule gak ganteng Dan pendek juga Ada. Salam. Anak Indonesia di negri bule.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Nambahin nih Bule tuh cepet keriput kulitnya karna kurang kolagen kulitnya dan gak tahan sinar matahari karna itu mereka rawan kanker Kulit. Bersyukurlah kalian cewek2 Indonesia kulit coklat gak gampang keriput, awet muda juga lebih cantik. Cewek bule berjemur buat dapat kulit coklat. Cheers

      Delete
    2. Iya, tepat sekali kakak2.. Terimakasih telah menambahkan :)

      Delete
    3. Gak semua orang barat cantik / ganteng, tapi mayoritas orang barat cantik / ganteng.

      Delete
  9. Gue bule mbak tapi keliatan wajah Minang nya kok ;)
    So tetap bangga jadi orang Minang, meski ada sedikit kebarat-baratannya -____-

    ReplyDelete