Dix-Sept Went to Bali! (Day 1, Part 1)

By Kezia Tania - Wednesday, May 16, 2012

Yeaah! Akhirnya, setelah sekitar 8 bulan menunggu hari datangnya farewell party Dix-Sept #17 di Bali, hari itu dateng juga!


Mulai dari hari Rabu (9 Mei) sampai hari Sabtu (12 Mei), kita, anak-anak angkatan Dix-Sept (nama angkatan ke-17 dari sekolahku), pergi bareng-bareng keluar pulau Jawa, yaitu ke Bali, dengan tujuan ngerayain hari perpisahan kita.


Seru banget.
Sayang banget itu yang nggak ikut.
Lumayan banyak, pula.
Ada 9 anak yang nggak ikut (total seluruh siswa Dix-Sept ada 96, yang ikut cuma 87).


Tambahan ada 7 guru pendamping yang ikut; Mam Wiwin, Bu Erlina, Bu Tining, Miss Naning, Bu Diana, Pak Antoni, sama Pak Hendro.


Waktu pagi-pagi jam 9-an hari Rabu, gue sendiri sempet telat nyampe di sekolah.
Terbukti seperti itu, soalnya nggak ada lagi anak-anak Dix-Sept yang dateng ke lobi sekolah setelah gue sendiri.


Pas nyampe lobi, langsung deh duduk di sebelah temen sekelas; Nadia.


"Kez, kamu cuma bawa itu aja?" tanya Nadia sambil ngelirik tas punggung yang gue bawa.
Kalo sama Nadia, emang udah dari dulu biasa ngomong pake "aku" "kamu".


"Ha? Engga kok. Barang bawaan yang laennya masih ada d mobil. Lagi di parkirin dulu sama papa. Hehe" jawab gue sambil nyengar-nyengir gak jelas lantaran nggak enak sama tatapan guru-guru.


"Oh.. Absen dulu gih, sama Bu Tining," lanjut Nadia, seraya nunjuk Bu Tining yang lagi sibuk megang hp (kayaknya sih, nelponin anak-anak yang belom dateng ato yang belom konfirmasi mngenai keerangkatan) sambil mendata secarik kertas berisi daftar absensi murid klas 9C.


"Bu, saya mau absen..."
"Ooh, iya iya. Ibu kira kamu masih di jalan, nak."


Selesai absen sama Bu Tining, langsung balik ke tempat duduk semula.


Kita semua duduk secara lesehan di lobi SMP dengan urutan dari ujung paling dalem (yang paling deket sama jualan Crepes, dan minuman, deket tembok) yaitu murid-murid 9A sampai yang paling luar (yang paling deket sama gerbang lobi) yaitu murid-murid 9C.


Jadi, kita semua duduknya dari 9A, 9B, 9C secara memajang kayak barisan gitu.


Okelah. Cukup sudah ngomongin urutan duduknya -_- terlalu detail.


Nah, trus nggak berapa lagi kemudian, kita semua dikasih kartu kuning kecil dilaminating yang ternyata adalah kartu semacam name tag dengan pita berwarna hijau lemon.


Warna yang cukup nge-jreng.


Nanti kartu itu kita lilit pake tali plastik warna biru (yang setelah itu dibagiin) yang persis kayak yang suka dijual di toko-toko buat jualan barang gitu. Maaf, tapi gue nggak tau namanya apa -_-


Abis itu, plastik birunya kita lilitin deh di tas kita.


Gunanya buat ngejaga supaya tas-tas kita nggak ilang pas di pesawat.


Betapa bodohnya gue.
Saking bosen dan isengnya diri gue sambil ngedengerin pengumuman dan ceramahan dari Pak Eros (travel agent kita) tentang apa aja yang bakal kita lakukan di Bali, gue lilitin tali biru itu dan menarik ujungnya kenceng-kenceng di kartu kuning gue.


Alamak.
Jadi nggak bisa di keluarin.




Seusai dibagiin kaos kuning yang merupakan seragam kita yang bakal dipake di Bali untuk hari kedua sama buku acaranya, tibalah saatnya buat kita untuk melilitkan kartu kuning itu di tas masing-masing.


"Yaah, copot Nad..."
"Ha, iya? (sambil nyoba bukain) yaah.. Tadi kan katanya jangan di lilitin dulu."
"Iya nih.. Sableng, dasar."
"Minta aja gih sana, sama Mam Wiwin."


Gue pun minta sama Mam Wiwin. Dan Mam Wiwin pun ngasih ke gue. PaHe (Pak Hendro) pun ikut-ikutan nimbrung, "Aduuh.. Kamu ni ghimana sih. Kan tadi udah di bilang, jangan di lilitin duluuu.."


"Iya Pak, iya.."


Gue pun balik ke tempat tas gue berada, dan melilitkan kartu itu.
Nah. Pas. Sip.
Pikir gue, seraya memindahkan tas berisi bejibun pakaian yang akan dibawa ke Bali itu ke tempat dimana anak-anak cewek lainnya pada naruh tas mereka.


Selang beberapa menit kemudian, barulah kita bubar dari lobi, menuju ke mobil boks putih yang nantinya bakal ditaro buat ngebawa tas-tas besar dan koper-koper kita menuju bandara Soekarno-Hatta.


Kita sendiri pada naik bus yang disediain dari sekolah (kita nggak perlu naik mobil sendiri pergi ke bandaranya).


Di ruko di belakang gedung SMP-SMA, udah ada 2 bis yang bakal kita tumpangin nyampe bandara.


Ortu-ortu kita pun (termasuk ortu gue sendiri) pada berdiri-berdiri di areal parkir ruko itu sambil meratap sedih ke anak-anaknya yang bakal 'disiksa' sama keindahan pulau dewata itu.


Nggak berapa lama kemudian, our buses left the school and our parents to the airport.


Perjalanan menuju bandara rasanya lamaaaa banget. Bisa dibilang, dengan duduk bertiga di dalam bis, badan kita bisa hancur *halah*


Akhirnya kita nyampe juga di bandara.
ita mampir makan dulu di restoran apa gitu namanya, gue lupa.


Disitu lampu tempat makannya rada-rada redup.
Gue pun bilang sama Aivi begitu satu meja sama dia, "Vi. Gatau kenapa, rasanya kok ini kayak tepat penginapan berhantu yang udah dari jama jebot ya? Kayak di film horor gitu."
"Iya, karena lampunya redup kali?" jawabnya sambil merhatiin keadaan sekitar yang mulai menggila dengan ributnya anak-anak cowok sambil ngeliatin video klip lagu-lagu terbaru di TV LCD yang ada di bagian dalam ruang makan.


Nggak lama kemudian, kita semua makan siang; ada fuyung hai (gatau lah gue nulisnya gimana -_-), capcay, ayam kalasan (sayang sekali gue nggak makan, karena waktu mau gue ambil sepotong, ayamnya ngelag alias nggak mau diambil), mie goreng, sama nasi putih.
Lengkap dengan potongan buah pepaya, melon, dan nanas sebagai hidangan pencuci mulut.


Abis itu, baru deh kita dibagiin boarding pass.
Sayang sekali boarding pass keberangkatan gue terselip di kantong plastik warna merah berisi Klappertaart bikinan nyokap yang nantinya akan gue bawa bersama nyawa gue ke dalam pesawat, dan akan segera gue kirimkan kepada temen deket nyokap yang tinggal di sana.


Gue inget, pas gue bilang ke nyokap kapan gue berangkat ke Bali, reaksinya begini:
"Eh, iya. Tanggal 9 ya?"
"Iya ma -_-" jawab gue
"Ingetin mama, suruh bikin klappertaart nanti."
"Ha? Buat apaan?"
"Buat Inanguda Suflin. Nanti pas kesana, kamu kasih ya."


Gue kira, nyokap mau bikin kue yang bahan dasarnya kelapa itu buat guru-guru supaya mereka bisa menikmatinya seraya memandang sunset di pantai Kuta nanti.


Lebay ah.


Ternyata buat temen nyokap...
Oh.


Jadilah akhirnya gue membawa-bawa klappertaart bikinan nyokap ke dalam pesawat.


Gue berasa kayak tukang delivery klappertaart ngirim pesenan ke luar pulau...
Hahaha
Nggak apa-apa sih sebenernya. Fine fine aja kok, nganterin klappertaart-nya :D
Jadi, buat Inanguda Suflin yang baca postingan ini, santai saja~ :P


Kita pun berangkat langsung begitu dibagiin boarding pass menuju ke terminal.


Sesampainya di terminal (terminal berapa, gitu. Lupa -_- hehehe aduh parah banget lah ini), kita langsung turun dari bis.


Patricia (yang biasa di panggil 'cia'), Priscilla (atau 'cilla'), Sheila, gue, dan Miss Naning jalan bareng-bareng masuk ke dalem begitu turun dari bis.


Tba-tiba aja si Cia berseru,
"Omaigat..."
Kita bertiga (gue, cilla, sheila) langsung diem di tempat dan mengikuti arah pandangan mata si Cia, yaitu ke arah areal parkir.


Yeah.
Ada seorang pria bule mengenakan seragam berwarna putih lengkap beserta topinya. Kayaknya sih pilot. Dia lagi nurunin tas gitu di mobil APV warna hitam (kalo gak salah).


"Ya ampun Ci -_-" ucap gue, disusul dengan gelak tawa si Cilla dan Sheila, beserta Miss Naning.


"Tanael nih, bisa ajaa!" ucap Miss Naning, sambil tergelak.
"Dari jauh sih, keliatannya cakep Ci." ucap gue, seraya merhatiin pria itu yang nggak tau bule beneran atau jangan-jangan albino. Ups. Kita kan nggak tau. Habisnya, pucet banget sih :P


"Iih, itu bulenya cakeep" kata si Cia, nyaris menabrak tiang di depannya.


Melupakan si pilot bule (gatau juga sih, pilot atau bukan), kita pun masuk ke dalem.


Emang banyak yang jarang dan ga pernah ke bandara sih ya, kita banyak yang ragu-ragu apakah hape dan kamera kita harus di keluarin juga buat di periksa ato nggak.


Akhirnya, pada nggak ngeluarin barang-barang elektronik itu.


Untungnya mesinnya nggak bunyi -_- Kan nggak enak juga kalo sampe bunyi trus jadi perhatian orang di situ.


Kita semua jalan ngikutin temen-temen di dalem bandara itu.
Banyak turis-turis yang lagi nunggu dan baru dateng juga. Dan diantaranya, ada turis India.


Sejauh yang gue liat, kebanyakan orang India-Bangladesh-Mesir. Yah, muka-mukanya seperti itulah.


Mereka kayaknya hampir terkena serangan jantung begitu ngeliat ada segerombolan anak-anak SMP yang pake kaos berseragam berwarna biru muda (warna yang apparently, cukup mencolok) yang nggak habis-habis dateng berbondong-bondong lewat di depan mereka.


Kita nunggu di ruang tunggu cukup lama. Kurang lebih setengah jam-an gitu. Eh nggak deng.
Kayaknya sih 20 menitan gitu.


Saking ramenya, beberapa dari kita (termasuk gue sendiri) pada duduk di lantai -_-


Kata Pak Eros, kita boleh tuker-tukeran tiketnya nanti pas udah di bandara. Kalo-kalo kita pengen sebangku sama temen kita. Soalnya, kan urutan seat-nya beda-beda.
Eh.
Iyalah 'beda-beda'.
Yakali duduk satu bangku =_=


Bukan itu maksud gue.
Maksudnya ya siapa tau kita mau sebangku duduk sebelahan sama temen kita yang nomer seat-nya beda.


Gue pengennya duduk sama Aivi sama Sheila. Tapi ntar nggak enak si Cilla duduk sama siapa.
Yaudah. Akhirnya kita sepakat duduk berdua-berdua (gue sama Aivi, Sheila sama Cilla) dengan satu orang lain gatau lah siapa aja.


Tapi rencana gagal lantara kita berempat nggak dapet nomer seat yang kita mau.


Gue sendiri dapet 19F dan Aivi 21F.
Pengennya sih kalo nggak 19D/19E, ya 21D/21E biar bisa bareng. Tapi nggak ketemu-ketemu siapa yang megang nomer itu diantara anak-anak Dix-Sept.


Selang beberapa menit kemudian, Dea Angelina nanya ke gue.
Dia bilang, "Kez, lo nomer braa?"
"19F"
"Eh, tuker mau gak? Gue pengen duduk sebelah Nadia"
"Oh, lo nomer brapa?"
"22E"


22E... Berarti nanti gue duduknya di serong belakangnya si Aivi. Lumayan lah.


"Oke deh. Eh tapi kan Nadia 19C. Lo gak mungkin duduk sebelahan dong. Kan A-B-C sama D-E-F."
"Nggak papa deh, hehe.. Thanks ya Kez!"
"Sip."


Jadilah gue tukeran boarding pass sama si Dea.


Tapi toh, ujung-ujungnya kita nggak duduk sesuai dengan nomer yang tertera -_-
Wanna know why?
Begitu kita masuk ke dalem pesawat Sriwijaya SJ260 ((kalo nggak salah kita masuknya dari bagian depan pesawat deh), gue nyari tempat duduk gue.


"22E...22E... Nah itu dia. Eh, kok lo disitu sih?"
Gue heran, lantaran kurs gue udah didudukin sama Jeremy.
"Nggak papa, duduknya bebas aja.."
"Bener nih?"
"Iye.."


Sempet panik juga sh, soalnya gue nggak tau kursi mana aja yang masih kosong. Dan kalo pun kosong, gue gamau duduk sebelah orang lain, apalagi bapak-bapak tak dikenal...


Hii~


Gue pun sadar bahwa si Cilla ada di depan gue. Lagi sibuk nyari kursi kosong juga rupanya.


"Eh pris, duduk bareng yuk. Aduh. Kursi gua didudukin sama Jeremy."
"Sama, gue juga udah didudukin. Eh, yang itu aja tuh." ucapnya, seraya menunjuk 2 buah bangku kosong di bagian paling belakang sebelah kanan kalo diliat dari depan pesawat.


Gila.
Di salah satu dari ketiga kursi itu, berdirilah pacar si Dea Angelina dengan santainya sambil merhatiin orang-orang lalu lalang.


"Mau duduk disitu pris?"
"Yah.. Abis, mau duduk dimana? Penuh semua."


Jadilah si Cilla, gue, dan Rezon duduk satu deret -_-


Perjalanan menuju ke Bali lumayan lama.
Bisa dikatakan pantat gue hampir tepos karena gue sendiri juga nggak berdiri-berdiri.
Mau berdiri gimana? Lewat aja nggak enak kalo ada orang yang nggak begitu akrab, apalagi beda gender.


Untungnya gue nggak ada firasat ingin buang air kecil. Jadi, aman dan nyaman walopun rada keganggu juga sama cowok-cowok yang duduk di depan kita.


Gue heran sendiri kenapa baru aja take off, udah banyak yang ngantri di toilet dan 80% adalah anak-anak Dix-Sept.
Oh tunggu dulu.
83.45% anak-anak Dix-Sept yang bolak-balik ke toilet.


"Toiletnya enak, ya." ucap salah seorang anak cowok Dix-Sept.
'Enak'? Gue baru tau kalo toilet di pesawat itu punya taste yang cukup menggugah selera anak-anak angkatan ini untuk buang air kecil (atau bung air besar. Well, who knows? :/ )


Selama di pesawat, gue sendiri merasa harap-harap cemas.


Entah kenapa, perkataan bokap gue (yang emang tergila-gila sama hal-hal yang berbau pesawat dan penerbangannya. Mainannya aja Flight Simulator yang kalo gue disuruh main sendiri, sudah pasti keyboard dan mouse komputer akan hancur berkeping-keping saking stresnya) jadi terngiang-ngiang.


"Kalo kau udah di pesawat, udah sekian ribu kaki dari kedalaman laut, itu artinya nyawamu tinggal 50%. 25% ada di tangan pilot, 25% lagi ada di tangan Tuhan."


Aduh.


Tiba-tiba saja, berbagai macam perspektif yang bikin sakit perut pun muncul di benak gue:
Gimana kalo pesawatnya jatoh? Gimana kalo tiba-tiba aja kursinya bolong, dan gue jatoh sendiri sementara yang lain menikmati pemandangan awan? Gimana kalo pilotnya ngantuk, trus hilang kendali? Gimana kalo pilotnya tiba-tiba kena serangan jantung, berikut kaptennya? Gimana kalo ternyata ada teroris? Gimana kalo ternyata pramugarinya bawa pistol dan kita ditembak semua?


Fortunately, those pathetic things didn't happen.
Phew.


We landed safely! :D
Thank you Lord!


Dan kalau begitu, sampai disini dulu postingannya...    :)



  • Share:

You Might Also Like

0 comments