Gosh! There's an Earthquake today!!

By Kezia Tania - Wednesday, September 02, 2009

Believe it or not, hari ini baru aja kejadian seru (dan menegangkan, tentunya!) waktu aku lagi di sekolah! Jadi tuh, kejadiannya kalo nggak salah sih sekitar jam 2-an atau jam 3-an siang. Waktu itu, aku lagi ada ekskul wajib Pramuka bareng temen-temenku di lobby SMP. Waktu aku lagi berdiri sambil ngelipet kedua tangan di depan dada (dan waktu lagi diskusi sama kelompok pramukaku!), aku kok secara tiba-tiba aja berasa kayak ada yang goyang-goyang nggak jelas gitu. Well, maksudku... lantainya tuh berasa kayak terombang-ambing kayak lagi berdiri di perahu atau di ayunan (Hii!!.. serem juga, lho! Waktu TK aku sering berdiri-berdiri di ayunan sambil pegangan sama rantainya! Abis, seru-seru gimanaaa gitu! ^__^). Pertamanya aku sempet mikir karena mungkin ini cuman khayalanku doang, mungkin ini karena aku berdiri sambil tangan dilipet (Biasanya, kalo tanganku dilipet, kadang-kadang suka berasa tanahnya goyang-goyang nggak jelas!), atau mungkin karena aku lagi banyak pikiran aja. Tapi, kayaknya sih nggak mungkin juga. Waktu aku ngeliat ada segerombolan anak-anak SMA, anak-anak PMR, dan sebagian anak-anak Pramuka pada lalu-lalang ngambil tas dan pergi ke luar gedung sekolah, aku sempet mikir juga. Lho, kok? Emangnya ada apaan sih? Makanya, aku nanya ke Gracia Wibowo (Anak baru pindahan dari SD Ricci II), "Eh Grace, lo berasa nggak kalo tanahnya goyang-goyang?" "Eh, iya sih berasa dikit," jawab Gracia. Terus, aku denger anak-anak lakinya pada teriak-teriak bilang, "Gempa bumi, woooi!!.. keluar semua dari geduuung!!.." Oooh!.. gempa bumi, toh?! Aku kira lagi ada pelatihan keselamatan jiwa kalo ada bencana alam Kebetulan, di sekolahku nggak ada alias belum pernah ada latihan kayak gitu! Tapi, sebelumnya aku udah mikir kalo tanahnya berasa bergetar gara-gara anak-anak yang lalu-lalang itu yang bikin gedungnya jadi bergetar. Tapi 'kan udah jelas kalo tanahnya bergerak, pasti berasa bergetar dong, bukannya terombang-ambing. Pas abis itu, kita semua balik lagi ke tempat kami masing-masing. Yang pramuka, pramuka. Yang PMR, PMR!.. Yah, begitu deh jadinya kalo ada gempa bumi. Banyak banget yang panik! Salah satu temenku aja ada yang bilang kalo dia (ikut PMR) udah paniik banget di aula lt.4 ruang PMR. Tapi kok, aku sama beberapa temen-temen 1 grup pramukaku kok berasa 'stay cool' aja, ya? Well, bukannya sok' nyantai atau udah pernah ngerasainadanya gempa bumi! (aku aja baru kali ini lho, ngerasain adanya gempa bumi secara 'live'! ha ha ha!...) Tapi satu-satunya cara yang paling utama kalo lagi ada bencana alam secara tiba-tiba waktu lagi dalam aktivitas sehari-hari, jangan panik duluan! Pokoknya, berpikir saja tempat yang aman, yang cukup buat kamu! Kayak: kolong meja, atau kalau perlu, buru-buru keluar dari gedung yang kamu tempatin dan langsung ke tanah lapang, terus berjongkok sambil menekukkan kaki sedalam-dalamnya! (Beneran, lho! itu ada di buku IPA-ku waktu aku kelas 6SD! believe me!..)

  • Share:

You Might Also Like

0 comments