Karyawisata ke Bandung on:Thursday, 12th November 2009

By Kezia Tania - Saturday, November 14, 2009

Hari Kamis lalu, aku sama temen-temen satu angkatan pada pergi ke Bandung buat karyawisata. Cuacanya waktu berangkat cerah banget! But... it's too bad because when we arrived in Bandung, the weather was cloudy. So, untuk kunjungan pertama kita mampir ke Museum Geologi dulu. It's so fun! We spent a lot of fun in a bus on the way to Bandung! Ada yang nyanyi-nyanyi lagu KJ lah, ada yang sibuk BB-an, terus ada yang sibuk sms-an, ada yang sibuk ngobrol dan ketawa cekikikan, ada yang asyik dengerin lagu, nonton DVD di bus, ada juga yang cuman diem doang atau baca-baca komik. Pas nyampe di Museum Geologi, cuacanya masih berawan. Di sana, kita ngambil foto banyak-banyak buat dijadiin laporan IPS sekaligus buat kenang-kenangan. Nggak lupa juga kita pada sibuk nyatet informasi sana-sini. Museum Geologi emang seru! Nggak ngebosenin! Walaupun ruangannya rada gelap, tapi aku cukup banyak dapet gambarnya karena ada sebagian yang pake blitz, ada juga yang nggak. Kunjungan kita ke Museum Geologi sebentar banget! It's like only 1 minute We've been there! Soalnya, abis dari Museum Geologi kita mau ke Angklung Mangkujo. Nah! Ini dia nih yang aku tunggu! Soalnya, kata mama Angklung Mangkujo itu pentasnya bagus-bagus.

But, before we went in to Saung Angklung Udjo, we had a lunch first. Aivi, yang udah dari Museum Geologi kelaperan, akhirnya menyambut kedatangan Hoka-Hoka Bento dengan seneng bangetzzzz!... Baru deh, abis selesai makan siang, kita masuk ke dalem Saung Angkung Udjo. Tempatnya enak bangetzzz!... adem, lagi! Soalnya ditanam banyak pohon dan material-material dari kayu yang bikin tempat itu nggak silau. Di sana ada juga pejabat-pejabat yang ikut nonton pertunjukan dari Saung Angklung Udjo. Pertunjukan pertamanya adalah Demonstrasi Wayang Golek. Lumayan juga karena di sambil nonton, kita juga bisa nikmatin alunan angklung, gong, dan alat musik tradisional lainnya. Dalangnya adalah Bapak Dalangan Ade Kosasih Sunarya dan Bapak Dede Amung Sutarya. Abis itu kita juga liat Helaran, alias acara pengiringan upacara tradisional khitanan. Anak-anak kecilnya juga pada nari dan main angklung, lho! Kita aja pada heran ngeliat anak-anak itu pada bisa nari daerah. Sedangkan kita aja masih kaku-kaku narinya! (He he he!....) Abis itu baru deh kita nonton tari topeng. Yang nari 1 orang, anak cewek. Her name is Diana, and she's a 14 years lod girl! So,.. that means, she's different 2 years old older than us! Narinya luwes banget! Abis itu, kita juga menyaksikan pengenalan alat musik yang dimainkan di Angklung Mang Udjo ini. Ada calung yang dimainkan dengan cara dipukul berlaras pelog atau salendro, arumba, angklung mini, bass (yang main anak seumuran kita lho!), angklung Padaeng, dll. Baru deh abis itu kita di pinjamkan masing-masing 1 angklung dan main lagu Indonesia, bahkan lagu-lagu luar negeri pake angklung. Cara ngajarinnya cukup unik, pake tangan. Pembawa acaranya ngasih simbol buat kita, untuk membunyikan angklung yang kita pegang.
Nah, baru deh abis selesai main angklung (dan angklungnya dibalikin tentunya! ) kita nonton pertunjukan angklung orkestra. Lagu-lagu yang dimainin lagu-lagu klasik berat, lho! Dan setiap pemain membunyikan 1 set angklung yang digantung di tempatnya. Abis angklung osrkestranya selesai, ada acara nari bersama. Anak-anak yang tadi pada nari sekarang pada naik ke atas tempat duduk penonton dan ngajakin kita-kita untuk maju ke depan dan nari bareng! Jelas semua anak-anak Penabur pada berlomba-lomba naik ke atas tempat duduk alias jauh-jauh dari anak-anak itu supaya nggak ikutan nari. Malu! pertamanya sih aku nggak tau kenapa temen-temenku pada naik ke atas tempat duduk. Eh but suddenly, I knew it! Rupanya, mereka pada takut diajak turun buat nari bersama! Aku juga ikut-ikutan naik ke atas! He he he!... -_- Palingan cuman ngambil foto-foto mereka (yang lagi nari).
Nah, pas Kak Ida (salah satu tour guide kita) bilang kalo kita udah boleh pergi ke tempat souvenir buat beli souvenir, baru deh kita pada serbu tuh tempat souvenir! Nggak taunya, di dalem udah ada anak-anak Penabur Bintaro yang udah pada ngumpet di situ biar nggak ditarik untuk ikutan nari! Wah wah wah,.... Aku langsung aja nyari souvenir kecil-kecilan yang murah, dan mudah dibawa sekaligus lucu-lucu! Mataku langsung tertuju pada setumpuk gantungan kunci yang lucu-lucu. "Iiih!.. lucu bangetzzz!.. berapa, nih?" Begitulah kalimat yang pertama kali aku lontarkan di toko souvenir itu. Gantungannya ada yang berbentuk angklung, ada juga yang bentuknya suling. Dari kayu beneran, lho! Disebelahnya berjejer topi-topi dari kain batik yang.. well,... actually it's not a cap, but I think people normally use it on a special occasions like; Javaness wedding party, etc. Judith yang ada di sebelahku langsung make tuh topi sambil bergaya kayak kakek-kakek. Aku langsung aja motret fotonya. Beberapa anak cowok kayak; Joey, dll pada ntobain tuh topi sambil bergaya gak jelas! Aku juga ngeliat ada wayang cepot yang harganya cuman Rp3.500! Lucu, lho! Akhirnya, setelah hunting berbagai macam souvenir, kita naik juga ke bus. Semuanya pada make souvenir mereka dan pada nyobain angklung, juga suling yang mereka beli. Aku sih nggak beli angklung atau suling. Soalnya, di rumah udah ada angklung, well except for the flute! Abis itu baru deh kita pergi untuk mencari hotel Trio. Kita kalo nggak salah udah muterin jalan yang sama selama 2 kali untuk menemukan hotel itu! Tapi nggak taunya, hotel Trio ada di tempat yang kalo nggak salah udah kita lewatin! Aku penasaran banget kayak apa hotel Trio itu, dan akhirnya, rasa penasaranku luluh juga begitu udah nyampe sana. Hotelnya lumayan juga. Pas nyampe sana, kita lngsung nyari kamar yang aku tempatin bareng temen sekamarku; Aivi sama Mega. Kita dapet kamar nomor 130. Paling ujung! Untung di depan kita ada kamar laen yang isinya;Dea Angelina, Gracia Reveria, sama Gaby Margareth.
Pas kita selipin kuncinya di tempatnya biar lampu kamarnya nyala. Begitu kita cabut kuncinya dan mau keluar, tiba-tiba aja nggak lama sesudah itu, lampunya mati! DEP! Dea, Gracia, sama Gaby yang baru nyampe langsung teriak ketakutan begitu ngeliat kamar kita tiba-tiba aja gelap. Aku sih biasa-biasa aja (Cee ilaaahh!!..). Soalnya, biasa aja, donk?! Kan' kuncinya kita cabut! He he he!... Nggak taunya, ada bapak penjaga hotelnya yang dateng sambil nanya "Kenapa, dek?" Judith dkk yang juga lagi di depan kamar kita yang juga ketakutan langsung bilang kalo tiba-tiba aja lampu di kamarku mati. Si bapak langsung ngomong, "Ooh... itu karena kuncinya dicabut. Kuncinya di mana, dek?" aku langsung nunjuk kunci kamar kita yang dipegang sama Mega. Bapak itu langsung naro kuncinya dan Bip! lampu kamar kita nyala! Semua langsung ngomong, "OOOh!... Kirain ada hantunya, Pak!" Aduuuh!.. cuuuapeeek deeeechh!! -_-
Aku, Aivi, sama Mega pada siap-siap mandi soalnya abis ini mau ada makan malem. Begitu selesai makan malem, kita langsung main ke kamarnya Judith dkk buat main kartu UNO sebelum tidur. Asyik, lho! Tambah lagi ada HP-nya Judith yang ngeluarin isi koleksi lagu-lagunya selama kita main kartu. Begitu udah setengah 9 malem, aku sama temen sekamar balik ke kamar kita. Takut kalo ntar ada guru yang periksa kamar Judith dan begitu diliat, ada begitu banyaknya manusia yang lagi asyik main kartu! Dan waktu Aivi nyalain TV, TV-nya kesemutan (kesemutan di sini, artinya nggak ada salurannya. Bukan kesemutan kayak di kaki, lho! ) Pas dia ganti channel lain, kesemutan juga. Sampe akhirnya kita ketemu channel yang bener-bener menayangkan acara yang jelas, dan nggak kesemutan! Kita aja sampe ketawa-ketawa begitu ngeliat channel yang kesemutan itu! Abisnya, nggak ketemu-ketemu! Tiba-tiba aja Aivi buka gorden kamar kita dan... Huaaa ha ha ha ha!!!!.. Nggak ada pemandangannya! Tembok doank! Persis kayak hotelnya Mr.Bean!! Lengkap sudah acara ketawa kita sampe sekitar jam 10 malam, kita baru bisa tidur!!



  • Share:

You Might Also Like

0 comments