Hidup = Cobaan Sepanjang Masa

By Kezia Tania - Wednesday, April 20, 2011

Hidup itu memang nggak ada yang bisa ngalahin kekejamannya. Hidup itu memang nggak ada yang bisa ngalahin kesengsaraan yang dibuatnya. Hidup itu capek. Hidup itu membosankan. Hidup itu nggak ada apa-apanya. Hidup itu sucks banget.
Mungkin, ini dia alasan mengapa gue berpendapat seperti yang gue tulis di atas tadi.

Seperti yang kita tahu, hidup itu nggak akan lepas dari yang namanya kesulitan. Dari yang namanya perkara. Dari yang namanya cobaan berat. Dan hidup itu, sangat 'nggak banget'. Banyak hal-hal yang ada di dalam hidup kita, yang harus kita hadapi meskipun rasanya impossible banget. Dan kadang, gue suka bertanya-tanya, "Kenapa Tuhan sebegitu jahatnya sama gue dengan ngasih gue cobaan hidup yang gue nggak yakin apakah gue bisa hadapi atau nggak?"
Gue bertanya sama diri gue seperti itu soalnya gue nggak jarang denger orang bilang (khususnya Pendeta-pendeta dan guru-guru di sekolah gue), "Tuhan itu nggak pernah ngasih cobaan hidup yang melampaui kemampuan kita dalam mengatasinya." Dan untungnya, perasaan gue waktu itu lagi bagus. Nggak lagi kacau balau. Kalau enggak, mungkin gue bisa lompat dari tempat duduk gue dan mencengkeram kerah baju si pendeta (atau si guru) sampai robek dan berteriak tepat di depan wajahnya, "KALO GITU KENAPA GUE NGGAK BISA NGATASIN MASALAH GUE, DODOL???!!!!"
Buktinya, masih banya orang yang mati (misalnya, karena diculik dan karena nggak ada uang tebusannya, dia dibunuh) yang sebenernya itu cobaan datang dari Tuhan. Itu artinya kan cobaan itu melampaui kemampuannya dong! Back to the topic. Semua orang pasti pernah ngalamin yang namanya cobaan hidup. Pasti itu. Pasti. Nggak mungkin nggak pernah. Itu aneh. Aneh namanya!

Ambil contoh, sebagai seorang pelajar kita tentunya punya cobaan hidup yang nggak kalah bejibun sama orang-orang dewasa yang udah bisa nyari duit. Contohnya;
1. Tekanan dari guru dan orangtua yang menginginkan kita bisa mendapat nilai yang lebih bagus. Bahkan, ada yang sampai nge-push anaknya biar bisa jadi juara kelas terus. That's bad. And pathetic.

2. Tugas-tugas yang menumpuk dari sekolah, yang bisa bikin kita jadi nggak punya waktu untuk beristirahat, meskipun kita sudah berusaha sekuat tenaga untuk mempergunakan waktu kita sebaik mungkin.

3. Temen kita ada yang ngejauhin kita hanya gara-gara hal sepele.

4. Guru kita membentak kita dengan alasan yang sepele abis. Yang padahal, itu bisa jadi salah dia sendiri dalam memberitahukan kepada murid-muridnya tentang tugas yang dia kasih. Atau mungkin, dia cuma pengen melampiaskan kekesalannya hanya gara-gara dia telat bangun pagi dan nggak sempat dandan di toilet sekolah, hanya untuk meng-impress seorang karyawan sekolah yang dia taksir. Whoops! Nggak. Nggak ada yang kayak gitu di sekolah gue.

5. Pacar atau gebetan kita nyakitin hati kita. Padahal sebenernya dia sendiri yang salah.

6. Temen se-grup dalam suatu proyek sekolah kita nggak mau ikut campur dalam proses pengambilan nilai proyek itu, dan nyalah-nylaahin kita bahwa itu semua salah kita. Padahal, mereka sendiri yang salah. Mereka sendiri yang bodoh. Mereka sendiri sama sekali nggak nyadar seberapa pentingnya pengambilan nilai tersebut buat rapot dia juga.

7. Komputer yang kita pakai udah super jadul, ditambah lagi internet yang super lelet yang seharusnya kita butuhkan buat nyari artikel untuk tugas sekolah, dan printer kita pun juga rusak. Mantap...

Dan masih banyak lagi cobaan lain yang dihadapi sama para pelajar. Kalau dilihat-lihat, cobaan-cobaan macem itu sungguh teramat sangat nggak banget. Nih, liat nomer 1. Si guru atau si ortu anak (biasanya sih.. ortu) pingin banget anaknya jadi juara kelas dan jadi kebanggaan mereka, juga biar bisa bawa nama baik keluarga mereka dengan menekan mereka supaya bisa jadi yang terbaik di sekolahnya. Padahal sebenernya, anak itu nggak bisa secepat itu berubah jadi 'bintang'. Anak itu butuh waktu. Butuh proses. Butuh ketenangan biar bisa konsentrasi belajar.

Nantinya kalo ortunya terlalu menekan anaknya, bisa jadi si anak itu fokus belajarnya nggak bener. Mereka terlalu mengobsesikan kemauan si ortu. Mereka lebih mengedepankan keinginan si ortu tanpa memedulikan masa depan mereka. Pelajaran yang diserap juga semata-mata hanya untuk membanggakan ortu aja. Dan kalo mareka terlalu berpikir bahwa si ortu ini orangnya cukup keras, mereka jadi kepikiran itu melulu selama mereka lagi belajar. Yang pada akhirnya, kalo nilai si anak dibawah keinginan si ortu, anak itu akan merasa down banget. Dia akan merasa bahwa dirinya nggak ada gunanya di mata si ortu. Merasa bahwa hidup mereka cuma buang-buangin duit ortu doang untuk sekolah, dan terlalu merasa bahwa ortu mereka kecewa berat. Merasa bahwa mereka sampah dunia.

Hal yang kayak gini sering disebut sebagai stres. Si anak akan stres dengan kenyataan bahwa ortunya nggak puas dengan hasil jerih payahnya yang udah mati-matian belajar. Kalo si anak terus-terusan stres kayak gini, bisa jadi anak itu kena berbagai macam penyakit. Mereka bisa mogok makan, males berinteraksi dengan orang di sekitarnya, merasa nggak ada harapan buat hidup lagi.. Yang pada akhirnya berujung dengan si anak akan kena sakit parah, dan akhirnya mati. Atau mungkin, berniat untuk bunuh diri. In the end, si ortu akan merasa menyesal karena udah terlalu menekan anaknya.

Masalah yang saat ini lagi gue hadapi rata-rata kayak begitu. Tapi untungnya, gue nggak ngalamin cobaan nomer 1. Karena ortu gue ngasih gue kebebasan dalam belajar. Mereka sendiri yang bilang waktu gue ngambil rapot mid semester 1 pas kelas 7, "Papa sama mama nggak nyuruh kamu buat jadi anak paling pinter di sekolah, kok. Kamu nggak harus jadi juara 1 di sekolah. Pokoknya, kamu ambil aja ilmu yang dikasih gurumu ke kamu. Papa sama mama cuma pengin kamu bisa jadi orang sukses yang bisa menghidupi diri kamu sendiri, paling enggak. Bahkan, kalo kamu bisa lebih dari itu semua, papa mama bakal bangga banget sama kamu dan usahamu. Pokoknya, jangan sampai jadi pikiran kalo papa mama terobsesi banget untuk menjadikan kamu anak yang paling hebat, yang paling pinter. Jangan, jangan dipikirin. Pikirkan aja yang buat masa depan nanti. " Waktu itu gue desperate abis. Gue sampe nangis gara-gara nilai fisika gue jebol banget. Serasa mau bunuh diri waktu itu *lebay*.

Perkataan kayak gitu sama sekali nggak 'nusuk' siapa pun yang mendengarnya. Itu justru ngasih semangat buat belajar.
Gue sekarang lagi ngalamin cobaan nomer 5, 6, dan 7. Khususnya, gue terpukul banget sama yang nomer 6. Kelompok SKJ gue kacau banget gilaaaaa.....! Yang cowok-cowok pada males dan temen gue yang cewek jadi bad mood. Yaaah, gue sih rada-rada males dan nggak enak aja ngeliatnya. Gue udah usaha biar dia mau ngomong lagi tapi usaha gue nggak dihargai. Percuma rasanya.

Dan hari ini kan harusnya gue sekolah meskipun pulangnya jam 10 dan belajarnya cuma 3 mata pelajaran. Tapi gue ketiduran semalem dan bangun kesiangan tadi jam 06.37 (dimana gue seharusnya udah pergi ke sekolah!) dan dan nggak ada kendaraan yang bisa dipake!! Mobil rusak gara-gara dibawa ke bengkel (cuma mau ganti oli doang waktu itu. tapi pas nyokap gue pake, berujung pada kerusakan yang super aneh!) dan nyokap gue nggak bisa bawa motor bokap. Yah, ada motor tante gue juga sih. Tpi kayaknya hal itu mustahil. Karena waktunya dah tinggal sekitar 23 menit lagi sampai bel masuk bunyi. Kesannya dipaksain banget gue ke sekolah :/

Dan gue sekarang terus-terusan ngeliat ke arah jam dinding. Mikir, sekarang mereka lagi ngapain. Dan sekarang udah jam 10.45. Gue sedih banget nggak bisa ke sekolah walaupun cuma kepengen belajar (soalnya 3 jam pelajaran itu isinya pelajaran bahasa semua; Conversation, Mandarin, sama Inggris. Asiiiik banget tuh) dan ketemu sama temen-temen. Dan sekalian, ngambil nilai SKJ.

Duuuuh, gue berharap anak-anak SKJ gue belom ambil nilai hari ini. Semoga mereka mau nungguin gueee...!! Kemaren harusnya ambil nilai tapi lantaran gurunya udah pulang duluan (shucks!) yang laen pada pulang deh. Jadinya recananya hari ini. Eh. tapi guenya malah nggak masuk.

Aaaaaahhh...!!! Bimbang bangeeeeeeeeeeetttttt........!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

SEMOGA, MEREKA BELOM AMBIL NILAI!! AMIN!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments