Pendidikan dan Nasib Orang Zaman Sekarang

By Kezia Tania - Friday, October 28, 2011

Kadang gue suka mikir. Kan nggak sedikit orang yang bilang kalo banyak orang yang sekolah tinggi-tinggi, tapi ujung-ujungnya malah punya profesi yang nggak sesuai atau malah turun tingkat sama pendidikan yang dia punya.

Misalnya aja, ada orang yang ngambil pendidikan sampe S1. Eh, ujung-ujungnya malah jadi tukang tambal ban, atau malah lebih parah; pemulung.

Oke. Mungkin nggak selebay itu.
Tapi jangan salah.
Gue pernah dikasih tau sama guru-guru dan sumber-sumber lainnya yang lebih tua, kalo nggak sedikit juga fenomena 'apa banget' kayak bgitu terjadi.

Kepala sekolah SMA gue pernah bilang (pas dia lagi 'mempromosikan' SMA kita ke anak-anak kelas 9 termasuk gue untuk menambah minat kita melanjutkan tingkat pendidikan alias SMA kita disini lagi) kalo sekarang nggak sedikit cleaning service itu pendidikannya nyamoe tamat S1 bahkan S2.

Nah lho.
Entah kenapa gue jadi mendadak takut.
Maksud gue, plis deh.
Lulusan S2 aja bisa jadi cleaning service. Gimana kalo yang bukan lulusan S2, coba?


Oh well. Mungkin nggak seburuk itu. Tapi pemikiran kayak begitu bikin gue jadi merasa tersiksa selama belajar.

Gue bukanlah tipe orang yang kalo belajar itu seriusnya banget banget. Tapi juga nggak nyantai banget banget.
Yah, boleh dibilang rada santai dikit lah.
Dan kenyataan bahwa gue sekarang udah jadi murid kelas 9 bikin gue jadi merasa semakin tertekan setiap kali belajar.

Entah kenapa, rasanya gue harus... HARUS bener-bener menguasai secara 100% semua materi yang ada di buku pelajaran gue.
Apa pun itu.

Sampe titik komanya juga harus gue apal.

Gue jadi inget waktu ulangan IPS pertama kemarin-kemarin, gue belajar semalem suntuk dari jam 6 sore nyampe jam 1 pagi.
Gue bahkan nggak pake istirahat atau tidur siang sebentr abis pulang sekolah karena waktu gue habis tersita buat mandi (tau sendiri gue kalo mandi+keramas bisa 1 jam -_-)

Bahannya lumayan banyak. Kita belajar geografi dan sebenernya gue lumayan suka belajar hal-hal yang kayak begini, tapi gatau kenapa waktu itu gue berasa tertekan banget.

Gue juga nggak jarang mukul-mukul kepala gue sendiri pake buku cetak IPS gue waktu itu. Berharap materinya bisa masuk, tapi yang ada malah gue makin pusing.

Bokap nyampe nyuruh gue untuk tidur tapi gue ttep ngotot belajar walopun udah teler banget.
Jujur deh, waktu itu gue bener-bener merasakan gimana rasanya jadi anak kuliah yang lagi ngejer skripsi nyampe begadang.

Bokap gue bilang, "kau udah kayak anak kuliah aja. Belajarnya nyampe begadang melulu.. Ckckck."

Yah, mau gimana lagi? Pendidikan zaman sekarang beda banget sama pendidikan zaman Habibie masih jadi presiden RI.

Kalo yang dulunya anak-anak cuma belajar di sekolah dari jam 7 nyampe jam 12 (walopun udah tingkat SMA), sekarang bisa dari jam setengah 7 nyampe jam 4 sore. Nyampe di rumah udah jam 5.
Belom lagi masih harus ikut berbagai macam les kayak bimbel (bimbingan belajar).
Aaah. Udahlah. Mati aja.

Kadang gue juga suka mikir apa gunanya seseorang belajar tinggi-tinggi nyampe dapet gelar S3 kalo ujung-ujungnya dia cuma jadi penulis lepas?

Gue takut gue bakalan jadi kayak beitu.
Cita-cita gue sebenernya kepingin jadi penulis buku, musisi, penerjemah, dosen bahasa (bahasa apa aja deh. Mau Inggris, atau Indonesia, atau Swedia, pokoknya yang gue bisa -_-), penulis skripsi, atau bahkan sutradara.
Tapi setelah gue pikir-pikir, kayaknya gue nggak bakalan dapet bayaran yang bagus kalo cita-cita gue aja yang 'lemah' begitu.

Gue awalnya yakin banget kalo gue pasti bisa menghidupi diri gue sendiri atau bahkan keluarga gue kelak dengan hanya jadi penulis. Tapi kayaknya itu nggak semudah yang gue kira.

After all, jadi penulis buku itu harus kreatif. Harus bisa punya imajinasi yang keren banget supaya buku-bukunya bisa laris dan disukai banyak orang.
Ambil contoh, J.K.Rowling sama Stephanie Meyer.

Kalo mereka nggak kreatif, mereka nggak bakalan bisa nerbitin buku such as Harry Potter sama Twilight Saga.

Ada lagi pemikiran di dalam diri gue yang muncul bersamaan dengan pemikiran sejenis:

Banyak orang yang kerja dengan skill yang nggak ada hubungannya dengn pendidikan yang udah dia tempuh.

Contohnya, yah kayak yang tadi itu. Ada orang lulusan S1 eh malah jadi cleaning service.

Tapi gue juga takut sama masa depan gue nanti. Gimana jadinya kalo misalnya gue udah kuliah nyampe S1 (Amiiiin, ya. Semoga bisa. hahahaha), eh ujung-ujungnya gue malah jad tukang siomay keliling komplek dan usaha gue nggak ada peningkatan? (dih. Amit-amit.)

Oh.
Pathetic banget.

Apalagi sekarang ini udah banyak anak-anak muda yang pinter-pinter. Yang udah bener-bener menghasilkan karya.
Itu artinya, persaingan generasi muda kayak kita ini bakalan jadi susah banget, kan?


Tapi gue cukup percaya sama keyakinan dan dukungan ortu gue kalo gue pasti bakal jadi orang sukses. Bakal jadi orang yang punya pekerjaan yang layak, yang gue suka, dan bisa dapet bayaran yang cukup buat menghidupi diri gue dan keluarga gue kelak dengan baik.

Gue bukannya menyombongkan diri. Tapi bagaimana pun juga, kita tetep harus optmis ngadepin semua masalah yang ada.

Kita nggak tu kapan nasib bisa berubah.
Mungkin aja besok Tuhan ngasih kita rejeki.



So, keep learning, explore your mind, and do the best! :)

  • Share:

You Might Also Like

0 comments