Beradaptasi

By Kezia Tania - Tuesday, August 07, 2012

Minggu yang melelahkan. Maksud gue, seminggu yang melelahkan. Kebetulan hari ini hari Minggu. Semenjak gue duduk di bangku SMA, udah cukup banyak waktu yang tersita hanya untuk bengong dan mikirin nasib.

Judul diatas bukan sebagai judul postingan tentang Biologi. Tapi, catatan harian gue yang sepele seperti biasa.

Ternyata, bener juga apa kata guru Biologi SMA gue, yaitu kalo di sekolah yang gue tempatin ini, tugasnya banyak banget sampe bisa keteteran.

Awalnya gue menganggap bahwa pindah dari sekolah swasta ke sekolah negeri akan terasa sedikit lebih "santai" karena tata tertub dan peraturannya nggak se-sadis di sekolah swasta kebanyakan.

Tapi ternyata anggapan gue salah total.
Baru seminggu belajar aja, tugasnya udah bisa menuhin satu halaman buku agenda gue.
Oke, kembali ke seminggu ini.

Karena gue berasal dari SMP swasta yang terkenal ketatnya peraturan disitu, mindset gue jadi udah kesetel untuk berpikir, berbicara, dan bertindak layaknya anak sekolah itu.
Jelas itu kesalahan fatal.
Karena udah dari hari pertama sebelum MOPDB, seorang guru berceramah dan bilang ke kita, para calon MOPDB, bahwa mindset kita harus diubah 100% menjadi mindset anak SMA negeri itu.

Alasan gue pindah dari swasta ke negeri, adalah:
1. Pengen ngeringanin beban ortu
2. Bosen disitu terus
3. Sekolah disitu super mahal dan sangatlah sia-sia jika uang sebesar kurang-lebih Rp60 juta terbuang untuk pendidikan jenjang SMA selama 3 tahun. Itu pun kalo gue bener-bener sekolah pas 3 tahun alias nak kelas terus. Lah, kalo misalnya gak naik karena keteteran coba? Bisa-bisa jual rumah dulu baru lanjut SMA... Hahaha

Jadilah gue mendaftarkan diri di sala satu SMA negeri di ibukota ini.
Bisa dibilang, gue rada nekat waktu mau milih sekolah. Waktu itu kan pihak SMA swasta gue udah ngasih formulir pendaftaran SMA bagi siswa/i yang mau lanjutin SMA disitu lagi. Dan ternyata, biayanya cukup mahal.
Padahal, gue sendiri termasuk anak dari situ, tapi ternyata Tuhan nggak mengizinka gue untuk lanjut ke sekolah itu lagi.
Rp11-12 juta untuk biaya masuk sangatlah sayang untuk dikeluarkan.

Gue ngerti, gimana berat pikiran ortu gue saat itu. Antara pengen nyekolahin anak satu-satunya di sekolah yang bagus, tapi biayanya kemahalan.

Gue sempet bergumul selama dua minggu, minta tolong sama Tuhan apa yang harus gue pilih; apakah harus lanjut ke situ tapi biaya kelewat mahal, atau nyari sekolah lain yang mungkin kualitasnya nggak sebagus sekolah ini tapi biayanya jauh lebih murah?

Akhirnya, pas lagi belajar Fisika karena besoknya ada ulangan, ortu gue nyamperin dan nanya, kalo gue udah ngambil keputusan atau belum.
Dan gue pun bilang, "udah ma, pa."
Dan keputusan yang gue sebut itu adalah pindah dari sekolah itu, dan nyari sekolah baru. Dan sekolah baru itu maksudnya adalah sekolah negeri. Bukan swasta lagi.

Jadilah gue tidak mendaftarkan diri di sekolah swasta itu. Formulirnya gue balikin ke pihak tata SMA, dan gue memfokuskan diri gue untuk belajar sebaik mungkin supaya nantinya gue bisa diterima di SMA negeri.
Masa-masa seperti ini sebetulnya cukup menegangkan karena gue saat itu bener-bener belom daftar ke sekolah mana pun, belom tau mau lanjut ke SMA mana, dan belom ikutan tes-tes penerimaan siswa baru.
Jadi, cukup nekat lah.. hahaha

Selama ujian praktek, temen-temen gue nanya ke gue, "gimana kez? udah dapet SMA belom?" atau "kez, lo beneran nggak mau lanjut disini lagi?" dan "kez, kenapa pindah? mending disini aja, barengan sama kita-kita lagi.. kan seru" serta "lo mau lanjut ke negeri ya kez? hati-hati lho, anak-anaknya yang kayak begitu."

Tapi, gue tanggepin dengan bilang kalo gue masih belum tau dan belum yakin mau lanjut SMA kemana, dan pasti Tuhan bakal ngasih jawaban yang terbaik buat itu.
Jadilah gue, menghadapi ujian nasional dengan perasaan yang terlalu excited dan grogi sampai-sampai di hari pertama aja, gue kesulitan nulis nama gue sendiri.

Waktu itu gue udah tau kalo salah satu syarat masuk ke SMA negeri, adalah harus punya nilai UN yang cukup dan "cukup" means that gue harusbisa dapet nilai UN yang tinggi untuk bisa masuk ke SMAN yang letaknya di luar provinsi tempat sekolah swasta gue berada.

Sempet terlalu dipikirin juga sih, tapi akhirnya gue berhasil melalui UN.
Ini semua karena Tuhan yang udah nemenin dan menopang mental serta kemampuan gue selama duduk di ruang ujian.
Dia tahu dan ngerti kalo gue sedang dalam pergumulan antara dapet sekolah atau nggak.

Akhirnya, pas pengumuman tiba, gue berhasil mencapai target yaitu nilai minimal yang gue "ciptakan" untuk bisa masuk SMAN.
Walaupun nilainya nggak tinggi-tinggi amet, tapi gue bersyukur karena dengan nilai segitu, akhirnya gue bisa mendaftarkan diri ke 3 pilihan SMAN.

Tapi, nasib gue nggak berujung cuma sampe disitu.
Pada hari ketiga penerimaan siswa/i SMAN secara online, gue 'ketendang' dari pilihan pertama gue.
Anehnya, gue nggak merasa kecewa sama sekali atau pun sedih. Padahal, gue cukup ngebet kepengen sekolah disitu karena fasilitasnya bagus, anak-anak yang ada disit juga pinter-pinter, jadi lumayan 'bergengsi' gitu lah masuk situ.
Singkat cerita, gue diterima di pilihan kedua.

Ini adalah suatu momen yang sangat... Entahlah. Pas, de javu, cocok, sesuai, ato apa punlah itu artinya. Why? Soalnya gue pernah iseng-iseng nyari alamat sekolah ini karena waktu itu gue lagi nyari 2 pilihan lain untuk jadi cadangan kalo-kalo gak keterima di pilihan pertama.

Lalu, setelah sekian lama nanya sana nanya sini, gue ketemu juga lokasi sekolah ini. Waktu itu lagi masa-masa anak kelas 12 pada persiapan buat UN. Jadi, ada beberapa murid yang masuk di hari Minggu waktu itu.
Nggak tau deh, mungkin ada semacam try out dan sebagainya.
Gue pun masuk ke gerbang itu, sambil ditemenin sama ortu.
Cuma pengen liat gedungnya dan prestasi-prestasinya aja, sih. Gue pun berpikir, "bagus juga, gedungnya. Gede, dan lumayan adem. Ekskulnya juga asik-asik."

Jadilah gue memasukan sekolah ini ke dalam list SMAN gue.
Tapi, begitu pas hari H-nya tiba untuk memasukkan ketiga pilihan tersebut, jadlah gue bimbang ._.
Gue bingung antara pengen jadiin sekolah yang sekarang gue tempatin itu jadi urutan kedua, ato ketiga. Labil banget lah pokoknya gue waktu itu. Akhirnya, tepat sebelum memutuskan, gue diajak nyokap untuk doa bareng.

Akhirnya, gue memilih sekolah gue yang sekarang gue tempatin, mejadi pilihan kedua.
Nggak tau kenapa, gue udah punya feeling aja kalo kayaknya nih gue ujung-ujungnya bakal diterima di pilihan kedua.
Dan itu, terjadi juga.

Bukan pesimis, tapi gue rada yakin kalo kayaknya nilai gue itu masih kurang untuk bisa masuk di pilihan pertama.

Waktu hari pertama masuk ke SMA ini, gue sering jatuh dan berpikir, "God. Kenapa juga gue naruh seolah ini jad pilihan kedua? Coba kalo pilihan ketiga. Pasti gue nggak akan merasa gaenak kayak begini."
Ya, gue bener-bener merasa rendah diri waktu pertama kali masuk situ. Bukan hanya seragam gue aja yang beda sendiri (kebanyakan dari SMPN, jadi rok dan celananya panjang-panjang), tapi karena gue juga sama sekali belom kenal siapa pun dari 360 anak baru yang berdiri di tengah lapangan.

Gue akui, bawa gue butuh waktu sekitar 2-3 bulan untuk beradaptasi di SMAN ini, dan untuk bisa mejadi "sama" dengan anak-anak lainnya kebanyakan.

Selama ini, temen-temen deket yang baru gue "koleksi" belom nyampe 5 orang. Susaaahh banget rasanya nyari temen di lingkungan baru, kalo kita udah dari kecil bertemen sama anak-anak yang itu-itu aja.

Alasan gue pindah ke sekolah negeri juga karena biar gue bisa berbaur dan ngerti orang-orang yang berbeda agama, keyakinan, sudut pandang, dan sebagainya.

Oke deh kalo begitu. Sampai disini dulu postingan kali ini. 
Hope this post is useful buat siapa pun yang membacanya.


  • Share:

You Might Also Like

0 comments