My Future is in His Hands

By Kezia Tania - Wednesday, August 22, 2012

Ah. Yah. Selamat malam, Indonesia.
Gua nggak bisa tidur. Well, nggak seperti biasanya sih gua tidur lebih cepet seperti ini. Sekarang aja baru jam setengah 12 malem.
Dan gua, udah tergeletak di tempat tidur dari sekitar jam 9-an.

Tepat jam 9-an itu, gua lagi asik bernostalgia sama temen deket lama gua yang di SMP lewat salah satu aplikasi messaging yang bisa 'tembus' platform.
Masalahnya, dia pake sistem Android dan gua sendiri cuma hp biasa. Tapi kebetulan, bisa nge-download aplikasi itu. Jadinya yah kan lumayan, bisa ngirit pulsa banyak kalo mau ngobrol-ngobrol sama dia.

Awalnya, gua cuma iseng nanya-nanya apakah dia masih bergaul sama temen deket lama gua yang satu lagi ato engga. Soalnya, kata temen gua yang dari beda kelas waktu SMP, mereka udah rada jarang main gitu.

Dan ternyata, temen deket gua ini bilang kalo dia masih main sama temen gua yang satu lagi dan bahkan sering ngabisin waktu istirahat mereka di kantin barengan sama temen-temen baru mereka.

Kita keasikan chatting sampe-sampe topik kita malah nyambung ke masa depan.

Awalnya dia bilang, kalo dia merasa bahwa dia sekarang lagi 'terlalu fokus' mikirin beasiswa kuliah. Gua sih maklumin aja. Toh, gua sendiri juga masih dalam tahap mikirin soal yang sama meskipun baru sebulan duduk di bangku SMA.

Trus, dia nanya gua mau kuliah dimana dan gua bilang, "pengennya sih di UI... hehehe #ammiiinn" Dan gua bales tanya, dia mau kuliah dimana?
Trus diabilang kalo dia pengen kuliah di luar negeri. Kalo bisa di London.
Gatau kenapa tiba-tiba dia kepengen kuliah disitu (gua juga lupa kenapa). Mungkin karena terinspirasi sama olimpiade London?
Well.
Who knows?

Merasa rada tercengang dengan jawabannya, gua cuma bales "woooww.. keren kereeennn.."
Terus dia lanjut ngomongin soal formulir-formulir pendaftaran beasiswa yang udah dia search di internet.
Dia bilang dia bingung harus ngapain kalo udah ketemu formulir beasiswanya. Kalo diisi, dia takut kecepetan. Tapi dia juga nggak mau telat kuliah.

Merasa ingin jadi temen yang baik, gua pun menyarankan untuk lebih baik diisi aja. Tinggal nunggu hasilnya. Toh, kita mash kelas 1 SMA ini. Masih banyak berbagai program beasiswa lainnya yang masih bisa diambil setelah kita duduk di kelas 3 SMA.
So, still so long time to go.

Dia pun lanjut dan bilang bahwa dia pengen ngambil jurusan patologis. Gua yang masih sangat lugu mengenai berbagai macam jurusan pun bertanya, patologis itu jurusan tentang apa. Dan dia bilang, itu jurusan yang mempelajari tentang penyakit dalam.

Wow.
That was actually so cool.

Trus gua curhat, kalo sebenernya waktu masih kelas 1 SMP aja, gua juga hampir sama kayak dia.

Awalnya, gua kepengeeeeennn banget bisa ngambil beasiswa kuliah di Kanada. Lalu, pindah haluan jadi pengen di Swiss. Trus, ganti lagi jadi pengen di Swedia. Dan berganti lagi jadi pengen di Australia, atau nggak di New Zealand.
Tapi, belakangan ini mental gua berasa ciut dan malah jadi pengen kuliah di UI alias di Indonesia aja.

Dan temen gua ini bilang, "Aaaah... udaaahh, bareng aja sama gw di London :')"
Well, kinda cool actually.
Dan gua bilang, "kayaknya asik juga tuh kalo bisa kuliah bareng-bareng lagi kayak waktu SMP. Bisa tinggal di apartemen, trus hidup sendiri..."
Dan dia bales, "Waaaaa...!! Gilaaa gua sampe sesek napas kez, ngebayanginyaaa ya ampuunn... Apalagi sekalian bisa ngerasaim musim salju di London.. aaaa!"

Baru baca responnya aja, gua udah ketawa sendiri bak orang gila.
Bikin temen bisa seneng aja rasanya kayak udah digaji mahal buat gua.

Terus gua tambah iseng lagi dengan bilang, "terus nanti kerja di lab, trus ketemu sama dokter cowok bule, trus nikah deh"
Dan respon yang dia tulis terlalu panjang dan 'wah' sehingga maaf, gua gabisa tulis di sini.

Dia bilang, "ahh aammiiinn... pokoknya, sekarang gua fokus dulu deh biar bisa masuk IPA"
Mendengar dia nyebutin salah satu bidang jurusan SMA, gua jadi mikir sendiri. Dan malah curhat kepanjangan sama dia.

Gua bilang, kalo gua sekarang jadi bingung mau masuk IPA atau IPS.
Yep.
Am now actually confuse about that even though at first, I really really wanted to be in Science class but now.... I don't know... I guess Social class is kinda fun and as cool and great as Science class too.

Terus dia bilang, "masuk ipa ajeh"
Dan nambahin kalo kata ortunya, kalo masuk IPA itu lapangan pemilihan bidangnya lebih luas dibanding IPS.
Dalem hati, gua bilang, "yeah yeah... I know. But the truth is that, will you be MORE successful than those who attend Social class, if you choose Science class at first?"

That was actually what I've been thinking about this late times.

Masalahnya, gak jarang kejadian ada orang yang dari jurusan IPA. Trus ngambil kuliahnya jurusan kedokteran. Giliran kerja, pas praktek kan modalnya gede. Ujung-ujungnya kalo cuma buka praktek di rumah dan sepi pasien kan, nggak asik.

Beda lagi kalo dia dari jurusan IPS. Trus ngambil kuliahnya jurusan ekonomi dan bisnis. Giliran kerja, dengan hanya bermodal otak bisnis dan kemampuan berbisnis yang baik, maka dia bisa jadi pebisnis yang handal dan sukses. Dan jangan-jangan, bisa jadi lebih kaya dibanding si dokter tadi.

I'm not telling you that those who attend Social class are waaaay way waaaayy better and will be more successful than those who attend Science (or Language class. Idk. Depends on the schools if they have this class or not).
Both Social and Science are cool and great, I think.

Gua juga nggak berusaha untuk menjadi seorang 'ahli' dalam bidang pemilihan jurusan ini.
I do know that I'm such a smartass (moreover that I had just got into senior high last month).

Itulah sebabnya kenapa gua jadi bingung sendiri dengan jurusan yang akan gua pilih nantinya.
Gua pun curhat ke teme gua lagi, bilang kalo gua akhir-akhir ini pengen jadi dosen bahasa. Hal itu karena gua terinspirasi sama kakek dari keluarga bokap yang katanya sih dia itu dosen bahasa Indonesia dan ngajar di universitas di Belanda.

Lalu gua juga bilang kalo gua juga pengen fokus di musik. Siapa tau, dengan kemampuan bermusik yang belom telat gua asah ini, bisa mendatangkan kesempatan dan hidup yang baru. 
Ehehehehe

Dan gua juga lajut, kalo gua juga tertarik di bidang broadcasting.

Tapi, temen gua yang satu ini juga tau kalo gua emang sempet tergila-gila sama desain interior dan hobi banget mainin game "The Sims" ahahaha
Trus dia bilang, "pilih desain interior aja kez"
Dan gua nolak. Karena percuma menurut gua. 
Gambar stick man aja, gua masih ancur. Gimana mau gambar rumah dan isinya? -_-

Terus dia bilang, "Wuiihhh kakek lo keren kezz.. Kalo nggak, lo kerja aja paginya ngajar, siang manggung di kafe, trus malemnya broadcasting.. Sekalian, bisa ngajar sekaligus ngilerin tampng-tampang cakep cowok Belanda.. ahaayy"

Hahahahahahaha
Boleh, boleh...

Tapi, yang harusnya gua incar adalah kehidupan suksesnya. Bukan cowok Belandanya. Urusan bisa menikmati pemandangan indah cowok Belanda mah, ntar juga dapet bonusnya (dapet cowok orang Belanda). Yang penting mah, karir dulu euy..
Ahahahahahaha
Asik.

Trus gua bilang, "yakali masa gua harus pake tes bakat dulu, baru nentuin jurusan? :("
Dan dia bilang, "aaahhh lu mahh, bakat udah puuuooollll"
Gua aminin apa yang menjadi responnya itu.

Trus gua menjadi glau sendiri karena belom tau mau milih jurusan apa karena mendadak, gua bener-bener blank akan cita-cita gua yang dulu bahkan waktu masih SD, udah menggebu-gebu!

Gua pun rasanya pengen nangis sekenceng-kencengnya di saat itu juga. Merasa kasihan sama diri sendiri. Merasa 'terdahului' dengan temen gua yang waktu dulu, keliatannya masih nggak tau mau bener-bener jadi apa.

Mungkin juga karena kegalauan itulah yang membuat gua jadi nyari-nyari buku renungan dan Alkitab gua.
Gua inget, udah 10 hari gua nggak baca renungan, nggak ngobrol-ngobrol akrab lagi sama Tuhan.
Bahkan, bisa dibilang gua udah hampir meninggalkan Dia begitu aja karena terlalu fokus mikirin dunia.

Sambil iseng baca-baca renungan yang sebelum-sebelumnya, gua menemukan satu bacaan yang begitu pas dan cocok sama keadaan gua sekarang.
Bacaan itu merupakan bacaan buat hari Senin, 13 Agustus lalu. 8 hari yang lalu.
Ayatnya diambil dari Filipi 4:1-9
Dan yang sangat menarik perhatian gua, adalah ayat masnya (Filipi 4:6)
"Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga..."
masih berlanjut sih. Sayang, gua nggak sempet ngambil Alkitab ketika sampai di kursi komputer tabung ini.

Tapi gua inget, bahwa isinya ngasih tau ke kita semua kalo kita nggak perlu takut, kuatir, maupun cemas sama apa pun juga. Termasuk juga masa depan kita. 
Ilustrasinya pun juga sesuai banget sama keadaan gua.

Kalo kita kuatir sama jurusan apa yang kita bakal pilih, jangan kuatir. Berserah sepenuhnya sama Tuhan, dan yang terpenting, tetep setia sama Dia. Minta keinginan kita dan serahkan segala kekuatiran kita sama Dia melalui doa-doa kita padaNya. Kita harus setia sama Dia kalo mau dapetin masa depan yang super-duper cerah dan membahagiakan dan alhasil, semua kekuatiran kita akan segala hal yang mungkin kita anggap menjadi penghalang buat kita untuk menuju masa depan yang cerah itu, akan hilang.

After that, I now feel way better than before. Perasaan nyesek, sakit, sedih, dan kekuatiran gua akan masa depan gua (termasuk jurusan apa yang akan gua pilih) udah hilang and I do believe that my great future is in His hands and that He will give me that for as long as I put my trust in Him :)

Well, that's all for tonight.
Hope this post is useful. Sleep tight, have a sweet dream :)


  • Share:

You Might Also Like

0 comments