UN, SNMPTN, SBMPTN? Thank God! (part 3)

By Kezia Tania - Wednesday, July 15, 2015

 Pengumuman hasil UN pun tiba, yaitu tepat pada hari Jumat, 15 Mei 2015, pk 00.00.

Waktu itu gue lagi baca chat dari temen-temen gue di grup kelasan yang pada heboh ngomongin hasil UN, ada yang takut lah hasilnya gimana, dsb. 

Akhirnya gue memberanikan diri untuk membuka hasil UN gue. Dan beneran deh, gue kaget kalau gue ternyata lulus UN. Hahaha. Gue belom pernah rasanya sebegitu deg-degan menunggu hasil UN kayak kemarin ini.

Sempat rada kecewa juga sih, karena nilai Ekonomi gue ternyata jeblok banget. Tapi ternyata gue gak perlu mengulang UN demi mendapat nilai yang cukup di ijazah.

Gue dapet bbm dari temen gue yang waktu itu. Dia nanya gimana hasil UN gue, dan gue bilang hasilnya seperti apa. Dan yeah well, nilai dia juga gak tinggi-tinggi amat, tapi seenggaknya nilainya nggak ada yang dibawah 5,5 hahaha.

Oh ya, mau sedikit cerita aja. Jadi waktu hari Kamisnya itu, gue memutuskan untuk puasa. Yup, gue masih belum terlalu paham gimana puasa Kristen yang benar seperti apa, tapi gue menargetkan diri gue untuk gak makan dan minum apa-apa sampai jam 6 sore.

Dan menurut PKK gue dan beberapa sumber mengenai puasa Kristen, puasa Kristen itu sifatnya gak wajib seperti puasa pada agama lain, dan itu tergantung ketentuan yang udah kita tetapkan.

Jadi kalau kita netapin untuk puasa makan dan minum sampai jam sekian, maka lakukanlah itu. Dan kalau kita netapin untuk puasa gadget, jangan megang gadget seharian baik HP, laptop, tab, dsb.

Intinya, menurut kesimpulan yang gue ambil, puasa Kristen itu belajar bagaimana bertanggungjawab dalam mengambil keputusan, komit dalam menjalankan, dan tentunya berpuasa itu untuk meminta sama Tuhan untuk diberi kekuatan hati dalam menerima segala hal yang sedang kita gumulkan, juga untuk meminta petunjuk dari Tuhan.

Ada deh pokoknya waktu itu gue pernah baca ada yang share di Line, dan gue akan share juga postingan mengenai puasa Kristen di blog ini lain waktu :)

Pokoknya intinya, gue heran aja gitu sama diri gue sendiri yang bisa merasa bersyukur banget bisa dapet nilai UN segitu, dan yah walaupun sempat sedih karena nilai Ekonomi gue jeblok, tapi rasa sedih itu nggak ngalahin rasa seneng gue hahaha (asik).

Nggak terasa, akhirnya kita murid kelas 12 wisuda juga.

Waktu itu hari Selasa, 19 Mei 2015. Gue dan nyokap udah dandan pagi-pagi dan gue udah pakai kebaya -_- Iya, kebaya. Dresscode umum para wisudawati yang lulus di bangku sekolah. Yah, meskipun gue gak tau pasti apakah di universitas nanti kalau wisuda tetap pakai kebaya atau nggak dibalik jubah dan toga ._.

Lokasinya nggak jadi di sekolah, jadinya di universitas Islam yang terletak nggak cukup jauh dari rumah gue sendiri.

Oh ya, sebelumnya gue pengen ceritain sedikit kejadian sebelum tanggal 19 Mei ini. Jadi waktu itu gue sempat didaftarkan dan diajukan sama pihak sekolah untuk ikut suatu program penerimaan mahasiswa baru yang diadain di salah satu universitas negeri top se-Indonesia lewat jalur seleksi rapot.

Lewat jalur itu nilai rapot gue diadu sama nilai rapot siswa lainnya yang juga minat untuk daftar lewat jalur itu. 

Dan puji Tuhan, gue lolos seleksi seangkatan. Waktu itu gue hanya boleh pilih satu jurusan, dan gue memilih jurusan Komunikasi. S1.
Ketika gue dikasih username beserta passwordnya, ketika itulah gue merasa ragu apakah gue sebaiknya membatalkan proses berikutnya atau tidak. Karena waktu itu, gue sempat ditanya sama guru BK (Bimbingan Konseling) apakah gue mau di lanjutin atau nggak.

Gue sempat berada di antara kepingin ngelanjutin (meskipun itu artinya nilai gue akan diadu lagi sama anak-anak se-Indonesia yang juga memilih jurusan yang sama lewat jalur itu) tapi sayang juga sama uangnya karena waktu itu kalau gue jadi ngelanjutin, gue akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 500.000,00

Kan lumayan juga uangnya bisa untuk beli pulsa berapa bulan itu :( 
Hahaha

Gue juga sempat kena omelan nyokap gue yang bilang kalau gue harusnya tanya-tanya dulu sama guru BK, berapa biaya administrasinya, dsb. Sedangkan bokap gue malah mendorong gue untuk mengajukan proses selanjutnya dan berpendapat uang sebesar itu gak akan ada bandingannya kalau gue jadi keterima di universitas itu.

Tapi ternyata Tuhan nggak merencanakan apa yang sempat jadi impian bokap (dan diri gue sendiri) itu terwujud.

Gue gagal seleksi pada tahap yang lebih tinggi, seleksi se-Indonesia.

Uang lima ratus ribu rupiah pun melayang begitu saja.

Jujur, gue dan ortu gue sempat menyesal banget karena telah mengiyakan tawaran guru BK untuk melanjutkan proses seleksi. Tapi yah, salah gue juga sih. Gue kurang aktif nanya ini itu ke guru BK gue.

Singkat cerita, gue udah di gedung universitas Islam tempat kami wisuda. Sesampainya di gedung, gue langsung ke arah samping panggung, dimana semua anak udah pada baris sesuai kelasnya masing-masing.

Begitu gue ikut gabung di barisan kelas gue, temen-temen gue pada terkesima gitu dan bilang "Wihh Kezia cantik bangeet.."
Hahaha.
Oke maaf. Ini bukannya kegeeran atau kenapa, tapi gue juga bingung waktu itu.
Mungkin karena mereka belum pernah melihat gue pakai contact lens beserta kebaya :')
Ah entahlah.

Singkat cerita, tiba giliran kelasan gue untuk maju ke depan dan nerima medali dari kepala sekolah dan guru.
Waktu gue maju, tangan gue gemeteran -_- Hahaha.
Dan gue inget waktu itu ada guru Geografi gue yang bilang "dapet di mana kamu nak?" dan gue jawab "belum bu, nanti saya ikut sbmptn dan mandiri... Hehehe."
"Oh, yasudah kalau begitu, tetap semangat ya!"

Klasik sih, emang. Tapi kata-kata itu cukup menguatkan. Hahaha.

Gue sempat kecewa juga karena salah satu temen gue gak ikut wisuda dengan alasan orangtuanya nggak ada yang bisa dateng. Padahal boleh-boleh aja didampingin sama kakaknya, tapi dia nolak karena katanya sih kakaknya nggak ada yang mau nganterin -_- 
Ah entahlah.

Akhirnya gue sampai di rumah juga.

Hari Sabtu di minggu berikutnya, gue dan keluarga sepupu gue yang lolos SNMPTN itu pergi makan ke luar. Dan gue merasa sangat gak nyaman karena... Well, it was kinda 'crucial' cause there's a different status between him and I, dimana dia udah resmi jadi mahasiswa universitas B sedangkan gue masih harus berjuang di SBMPTN dan mandiri nanti.


Sambil makan, kita pada ngomongin gimana ntar dia tinggal, kos-kosan seperti apa yang udah dia cari, dan dia bilang kalau dia dapet kos-kosan yang bayarnya 2 juta sebulan, dan sebagainya dan sebagainya.

Sepulangnya dari tempat makan, gue langsung buka buku latihan SBM yang udah gue beli bahkan sebelum gue tau apakah gue lolos SNM atau nggak.
Waktu itu udah jam 12 malem tapi gue memaksa diri gue untuk belajar dan ngerjain soal-soal latihan di buku itu.

Udah ngantuk sih sebenernya gue, tapi gue inget sama obrolan tadi. Gue gak mau kalah sama sepupu gue yang udah santai dan tinggal nyari kos-kosan. 

Akhirnya, gue pun tumbang sekitar jam 1, tidur dengan buku SBM menutupi kepala gue di atas tempat tidur. 
Hahaha -_-

Besokannya, nyokap gue nanya apakah gue pengen ikut bimbel atau nggak. Dan jujur, waktu itu gue kecewa sama nyokap gue karena kesannya, nyokap gue udah gak percaya lagi kalau gue bisa tembus PTN dengan usaha gue sendiri tanpa ikut-ikut bimbel ini itu.

Tapi karena tante gue juga ikut mendorong gue untuk daftar bimbel, dan karena dia juga menyarankan gue untuk masuk bimbel A, jadilah gue pada hari Rabu, 20 Mei 2015 dateng ke suatu tempat bimbel yang disarankan sama tante gue, dan tempatnya juga masih di daerah yang cukup terjangkau meski kadang kalau sore-sore lewat situ suka rame dan macet -_-

Begitu gue masuk, mbak-mbaknya langsung ngasih gue buku latihan SBM terbitan bimbel itu, dan mengantarkan gue ke salah satu ruang kelasnya.

Gue pun mengikuti KBM di kelas itu, dan untungnya waktu itu lagi belajar Bahasa Inggris. Yah, seenggaknya masih paham lah otak ini, dan gue juga suka pelajaran itu :') Hahaha.

Kemudian, lanjut dengan Geografi. Asli, guru bimbel Geo gue ini orangnya asik. Wawasannya luas banget dan ternyata gue baru tau kalo dia juga merangkap sebagai guru Sosiologi dan Sejarah di bimbel itu -_- Hahaha pantesan.


Tapi terus gue pulang dengan perasaan nggak nyaman karena well, bener apa kata PKK gue, anak-anak di bimbel itu rada-rada gimana gitu. Iya sih, gue orangnya emang pemalu, dan karena gue anak baru, suasana di kelas itu masih asing buat gue, tapi masa iya gak ada yang nanya, gue dari sekolah mana? 

Hahaha, pede banget ya -_-

Singkatnya, gue berhasil 'survive' di bimbel itu, dan sempet memberanikan diri untuk kenalan sama salah satu anak di kelas gue. Dan ternyata, dia dari SMA Negri tempat temen SMP gue sekolah, bahkan sekelas. What a coincidence!

Try Out (TO) demi Try Out gue jalani untuk persiapan menghadapi SBM. Yah, walaupun cuma sempat ikut TO sampai 4 kali, tapi gue bersyukur seenggaknya gue udah persiapan dan bisa mengatur waktu gue untuk menjawab sekaligus menghitamkan jawaban gue di LJK.

Selama gue ikut bimbel intensif SBM, gue ikut konsultasi dengan guru-guru bimbel cuma 2 atau 3 kali. Alasannya? Apalagi kalau bukan karena gue males dan gak pede karena belum kenal siapa-siapa.

Dan ya, seharusnya gue gak boleh begitu. Karena bagaimana pun juga, konsul itu kan untuk gue sendiri, supaya gue bisa punya bekal yang cukup untuk ikut SBM nanti. Bukan untuk nyari temen. 
Tapi, ah yasudahlah. Gak asik juga kan konsul rame-rame bersama anak-anak yang udah pada punya temen di bimbel, sementara lo hanya mematung diam mendengarkan penjelasan dari si guru tanpa bisa secara asik berdiskusi dengan anak lainnya karena lo masih merasa asing di tempat itu? :')

Tapi harusnya sih gue gak boleh begitu. Hahaha.

Buat yang ikut bimbel, tolong jangan seperti gue. Hahaha. Nikmatin aja program belajarnya, dan jangan terlalu pemalu kayak gue, ntar juga lama-kelamaan akan punya temen diskusi juga di tempat bimbel itu :) Hehehe.




*To be continued.....

  • Share:

You Might Also Like

0 comments