UN, SNMPTN, SBMPTN? Thank God! (part 4)

By Kezia Tania - Thursday, July 16, 2015

Akhirnya, hari yang ditunggu-tunggu (well, gak juga sih) pun tiba. SBMPTN. Tepat pada hari Selasa, 9 Juni 2015. Tepat sebulan setelah pengumuman merah-merah yang gue lihat di website SNMPTN yang isinya minta maaf. Yup.

By the way, gue masih gak percaya kalau ini adalah bagian ke-4 dari postingan gue yang berjudul sama.

Ini adalah kali pertama gue bikin postingan bersekuel di blog pribadi gue~
Yattaaa~~! B-)

Oke, kembali ke topik.

Pagi itu gue bangun jam setengah 5, mandi, dan bersiap-siap untuk pergi ke lokasi ujian SBM. Oh ya, malam sebelum hari-H gue sempat bingung dan panik akan pakai baju apa. Karena ketentuan yang disebar lewat website resmi SBM hanyalah 'baju bebas namun tetap sopan dan rapi'.

Semua celana jeans gue lagi dicuci waktu itu, dan gue gak punya pilihan lain selain memakai rok .__.
Gue bahkan sempat bbm salah satu temen gue (dan sayangnya dia cowok, dan gue udah gak peduli lagi apakah dia cowok atau cewek karena gue sangat bingung dan panik mempersiapkan baju untuk SBM), gue sebaiknya pakai baju apa -_-
Hahaha.

Curse me.

Lol just kidding.

Akhirnya, gue pakai rok dan kemeja.

Percayalah, waktu itu gue juga sempat minder karena gue rasa yang pakai rok selutut cuma gue. Dalam satu gedung itu. Yup. Tapi yasudahlah~

Gue udah jalan dari rumah sekitar jam setengah 6 pagi karena takut jalanan di Jakarta bakalan macet, apalagi waktu itu hari kerja. Tibalah gue di lokasi ujian sekitar setengah 7 pagi :')

Sebelumnya selama di perjalanan, gue 'memaksa' diri gue untuk makan karena perasaan gue campur aduk antara terlalu excited dan terlalu takut untuk menghadapi SBM.

Sesampainya di lokasi ujian, gue cukup yakin gue adalah peserta SBM yang hadir di urutan kedua setelah gue lihat ada anak laki-laki yang udah duduk di bangku warung yang ada di dalam lokasi ujian. Melihat anak itu begitu santai dan sambil sesekali baca-baca buku, gue jadi inget untuk baca-baca ulang soal-soal latihan dan catatan yang udah gue pelajari di tempat bimbel gue.

Tapi sungguh disayangkan, waktu itu gak ada satupun materi yang gue baca 'masuk' ke dalam otak gue karena yah, itu tadi, gue terlalu excited dan gue gak bisa konsentrasi untuk belajar.

I kept looking on the entrance of the building while waiting for the 'time' to come.
Perut gue mules banget waktu itu, dan gue gak berhenti mengucurkan keringat dingin. Hahaha. Lebay sih ya, tapi begitulah sensasi H-beberapa jam menghadapi SBMPTN :')

Di tengah-tengah 'ke-sakit-perutan' gue (Haha apa sih ini -_-), tiba-tiba temen gue bbm dan dia bilang, "Kei gue mules banget tadi :')" dan gue tanya balik apakah dia sekarang masih mules atau nggak, yang dia jawab balik, "Udah lega Kei :')"

HAHA! Oh oke, mungkin gak seharusnya chat seperti ini gue post di blog, tapi jujur, hal ini bikin gue ngakak ahaha, makasih ya~ (if you're reading this post, tho...)

Sekitar 30 menit sebelum dimulai, gue ngeliat ada beberapa anak dari sekolah gue yang duduk di depan mobil gue diparkir, yup, lebih tepatnya di parkiran motor.

Oh ya, sebelumnya gue mau cerita sedikit tentang temen gue yang gak dateng waktu wisuda. Jadi waktu hari Minggu, 7 Juni 2015 dia main ke rumah gue dengan 'alasan' kepingin belajar Bahasa Inggris untuk SBM. 

But yeah, it didn't go as we planned tho. 
Kita malah jadi ngobrol dan ketawa-ketiwi -_-

Dan ternyata, dia SBM-nya di tempat yang sama dengan lokasi SBM gue! Duh senangnya jadi bisa punya temen buat duduk bareng ntar waktu istirahat :'D

Tapi ternyata sampai 15 menit sebelum SBM dimulai, dia belum dateng dan masih kejebak macet entah di mana.

Akhirnya gue ikutan gabung di tengah kerumunan peserta SBM yang berdiri di depan lift, karena ruang ujian kita ada di lantai 4 dan 5. Awalnya gue berpikir apakah gue sebaiknya naik tangga aja karena seriously, yang kepingin naik lift waktu itu banyak banget dan rasanya buang waktu sekali menunggu kedatangan lift yang sempat macet beberapa menit.

Tiba-tiba ada tangan anak cewek yang ternyata dari kelas sebelah di SMA gue, narik pergelangan tangan kanan gue sambil bilang, "EH! naik tangga aja yuk!" dia kayaknya yakin banget kalau gue anak kelas sebelahnya karena jujur, gue sendiri sempet kaget karena suaranya yang cukup lantang dan matanya yang melotot, juga karena tarikan tangannya yang cukup kuat untuk menarik gue keluar di tengah kerumunan. Hahaha -_-

Tapi terus gue bilang, "Eh gue ruang A..."
"Gue ruang F nih! Yuk, bareng!"

Karena gue ragu kalau kita selantai, juga karena gue kira lift sebentar lagi bakal berfungsi kembali, gue pun gak jadi ikutan naik ke atas sama dia. Well, dia juga udah naik ke atas bareng temennya sendiri sih.

Tapi akhirnya rasa panik gue semakin menjadi dan mau nggak mau, gue pun langsung ngibrit naik tangga. Gue sayang banget sama sepatu Converse merah gue yang well, meskipun udah butut tapi seenggaknya sepatu ini yang nemenin gue ngibrit melongkapi satu anak tangga setiap langkahnya menjelang SBM :')

Oke, gue gak sendirian juga sih naik tangganya. Ada beberapa anak lainnya yang memutuskan untuk naik tangga. Awalnya (setelah anak kelas sebelah gue naik tangga) cuma gue yang naik, kemudian yang lainnya nyusul. Awalnya gue jalan rada santai, begitu juga dengan yang nyusul di belakang gue. Tapi terus gue ngibrit longkap-longkapin anak tangga, dan yang lainnya ikutan lari. Hahaha -_-

Kita sempat beberapa kali salah naik tangga. Begitu berhenti dan nanya sama satpam yang standby di lantai tertentu, kita semua langsung nanya ruang ujian masing-masing dan kebanyakan pada salah lantai ._.

Rasanya gak selesai-selesai naik tangganya, sampai akhirnya gue tiba juga di lantai 5, dan ketika gue dikasih tau sama satpamnya ruangan gue dimana, gue pun tiba juga di ruangan itu.

Capek? Iya.
Keringetan? Pastinya.

Tapi Tuhan baik banget, dan Dia membuat gue gak perlu mencari-cari kursi gue yang mana di dalam ruangan itu, karena begitu gue sampai, gue langsung menyusuri deretan kursi di baris kedua, dan ketika gue lihat kursi itu kosong dan gue cek nomor ujiannya, ternyata itu nomor ujian gue :')

Sambil mengatur napas gue ngeluarin semua yang gue butuhkan selama ujian; pensil 2B, penghapus, penggaris ujian (karena gue gak bisa menghitamkan LJK dengan rapi tanpa menggores garis luar..), pulpen, KTP, kartu SBM, dan SKL yang dilegalisir. 
Begitu duduk, tiba-tiba gue liat ada temen sekelas gue yang lewat di samping gue, sambil nanya, "Wey, lo tes di sini juga Key?"
Gue yang tadinya udah bernapas dengan normal kembali dikagetkan dengan pertanyaan itu dan jujur, gue emang sempet kaget gitu -_-

"Iya, hahaha. Lo duduk di belakang?"
"Iyoi.. Semangat Key!"

Ternyata anak sekolahan gue banyak juga yang ujian di situ -_- 
Awalnya gue udah takut gitu kalau gue sendirian di lokasi ujian. Hahaha. Ya, nggak enak aja gitu, kalau istirahat gak ada temen buat diskusi materi atau sekedar makan bareng.

Tahap pertama pun dimulai; TKPA yang isinya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika Dasar, dan TPA. Gue cukup lancar dalam menjawab soal-soalnya, khususnya TPA, dan kecuali MatDas. Hahaha.

Gue juga sempat nge-skip beberapa soal TPA di awal, karena itu soal tentang logika dan kesimpulan gitu, jadi teksnya lumayan panjang. Tapi setelah masih ada sisa beberapa menit, gue kembali memeriksa jawaban gue dan setelah gue baca ulang, gue ngerti soalnya dan gue tau jawabannya apa!

Akhirnya gue buru-buru menghitamkan sekitar 4 soal TPA yang awalnya gue skip. Lumayan kan, kalau gue bener? Tapi ya, kalau salah juga lumayan sih :(
But I was sure that all those 4 answers were all the right ones :)

Ketika akhirnya bel berbunyi (dan suaranya kayak suara air mendidih di dalam teko, keras banget), gue diserang rasa panik karena gue belum mengisi tandatangan dan kalimat perjanjian yang ada di LJK -_-

Jadilah tandatangan dan tulisan gue acak-acakan saking paniknya, dan LJK-nya gak memuat semua tulisan tangan gue yang gede-gede.

Akhirnya gue kumpulin juga LJKnya, dan entah ini bisa dibilang beruntung atau malah tambah bikin stres, karena soalnya boleh kita bawa pulang.

Gue inget banget tangan gue gak berhenti gemeteran sejak gue dengan paniknya menandatangani LJK sampai gue turun ke kafeteria dimana gue udah ada 2 piring nasi goreng buat gue dan temen gue yang awalnya gue kira gak jadi ikut SBM karena telat, beserta ortu gue yang lagi duduk di kursi itu.

Singkat cerita, gue dan temen gue ini makan bareng dan niatnya pengen belajar juga, tapi terus kita kelamaan ngantri di kamar mandi -_-

Oke, singkatnya kita udah selesai tahap kedua. Dan jujur, gue sempat nge-blank ngerjain soal-soal TKD Soshum. Gue bahkan banyak menggunakan jurus tembak-menembak di setiap mata pelajarannya, tapi yah yang lalu biarlah berlalu...

Sekeluarnya gue dari ruang ujian, tanpa disangka ternyata temen gue ini juga pas banget baru keluar dari ruang ujiannya. FYI, kita ternyata satu lantai, dan ruang ujian kita berseberangan~ :D

Sambil duduk-duduk ngobrol barengan sama temen kita yang dari kelas sebelah, gue diselimuti perasaan gak nyaman karena jujur, gue ragu banget gue bisa lolos SBMPTN mengingat banyak soal TKD Soshum yang rancu dan gue 'tembak' jawabnya. Tapi terus akhirnya temen gue ini pulang bareng gue dan gue drop dia di arah deket rumahnya.

Awalnya dia sempat pesimis gak bakal ikutan SBM karena masih terjebak macet di tol di saat ujian udah hampir dimulai. Tapi terus akhirnya dia sampai juga di lokasi ujian, meskipun waktunya sangat mepet; pk 9.45 dan itu semua bukan lain karena dia kesingan bangun -_-

Hal kayak gini cukup jadi pelajaran aja sih, supaya nanti buat yang kepingin ikut SBM atau ujian lainnya, jangan sampai kesiangan karena seriusan deh, ikut SBM dan ujian saringan masuk universitas itu (terutama PTN) jauh lebih bikin deg-degan dibanding ikut ujian lainnya, selain karena peserta super banyak (which means, saingannya juga banyak), lokasinya juga jauh (untuk yang dapet lokasi jauh sih... Hehe :P)



*To be continued...



  • Share:

You Might Also Like

0 comments