Alangkah Lucunya Negeri Ini

By Kezia Tania - Wednesday, April 21, 2010

Ada yang udah nonton film ini---->>> "Alangkah Lucunya Negeri Ini"? Buat yang belum, harus nonton nih! Aku baru aja nonton filmnya kemarin malem jam 9 sampe jam 11 di Blitz megaplex. Seru, lho! Ada lucu-lucunya juga!

Kebetulan kemarin yang nonton sedikit banget! Kurang lebih cuma ada 3 'kelompok' orang yang nonton, termasuk sama 'kelompok-ku. Maksudnya kelompok... Kan biasanya orang kalo nonton di bioskop pasti lebih sering bareng temen daripada sendirian. Kurang 'klop' dan kurang 'sreg' aja rasanya kalo nontonnya cuma sendirian doank! Soalnya, nggak bisa ngajak ngobrol yang seru-seru tentang film yang ditonton..
Nah, mungkin nggak seru lagi rasanya kalo aku ngasih tau ceritanya gimana. Tapi aku bakalan ngasih tau jalan ceritanya kayak gimana (Eh? Sama aja ya? Well, whatever...-_-")Jadi ceritanya ada bapak-bapak namanya siapa ya? Pokoknya ada kata 'mul'-nya! Dia mau nyari kerjaan tapi nggak ada yang mau nerima dia. Akhirnya dia ketemu sama salah seorang pencopet. Anak-anak. Namanya Komet. Dia dibawa Komet ke markas dimana Komet dan teman-temannya (sesama pencopet) tinggal. Pencopet-pencopet itu punya 'boss'. Namanya aku lupa -_-"... Hehe..
Akhirnya si bapak ini bilang kalau dia mau menjalin kerja sama sama para pencopet ini. Beberapa bulan kemudian, uang yang dikumpulkan atas hasil copetan nyampe puluhan juta (WAOW! @_@). 10%-nya di pegang dulu sama 'boss'-nya copet-copet itu. Mereka juga diajarin baca-tulis, menghitung, belajar ngaji, dsb. Sampai ngapalin Pancasila! Yang mengajar mereka ini temen-temennya si bapak itu...
Akhirnya, ortunya si bapak ini tahu kalau ternyata si bapak ini dapet upah dari 10% atas hasil nyopet dan dibilang haram. Si bapak dan teman-temannya ini pun akhirnya pergi dari tempat itu. Mereka udah nyediain 6 buah dagangan asongan (yg biasanya tukang jualannya nawar-nawarin dagangannya di jalan kalo jalanan macet karena lampu merah.)buat anak-anak 'mantan' copet itu.
Niat si bapak dan teman-temannya ini baik, karena mereka ngajarin kalo pendidikan itu penting buat masa depan mereka. Dan nyopet itu nggak ada gunanya dan hanya bikin mereka masuk neraka (sementara mereka mau masuk surga.. Gimana, ini? -_-") .
'Boss' mereka marah-marah karena diantara anak-anak copet itu nggak ada yang mau memulai hidup baru sebagai pedagang asongan, karena katanya hasilnya pasti lebih banyak nyopet daripada ngasong. Akhirnya, Komet (copet yang paling deket sama bapak itu) ngambil 1 boks asongan. Dan diikuti dengan beberapa temennya yang juga terajak sama Komet.
Di jalan, bapak ini lagi nyetir dan jalanan macet. Eh, ketemu Komet and friends! Sayangnya, si bapak ngeliat ada polisi yang dateng buat nangkepin pedagang asongan itu. "Lari!!!... Komet! Lari!" Teriak si bapak. Komet n' friends langsung lari dikejer polisi. Mereka ngumpet sementara polisi lagi berhadapan sama si bapak yang langsung turun dari mobil buat menghentikan kejar-mengejarnya. Dia ngaku kalo dia yang nyuruh anak-anak itu ngasong supaya berhenti nyopet. Ada bagian lucu di sini. Salah satu polisi sempet dibikin bingung sama si bapak atas 'definisi-apakah-arti-pendidikan'.
Akhirnya, si bapak itu yang jadi ditangkep ma polisi. Komet n' friends langsung keluar lagi dari tempat persembunyian. Temennya sempet bilang "Haduh.. Kalo gini caranya, mah... mending balik jadi copet aja deh.. Nyusah-nyusahin lari-lari!" Tapi Komet bilang "Jangan! Kita gak boleh nyerah! Kasihan (si bapak itu) sama temen-temennya! Mereka udah ngajarin kita baca-tulis, ngaji, sampe ngapalin Pancasila!" Begitu mereka balik, mereka kegt bukan main ngeliat si bapak itu yang malah di tangkep.
Mereka sediiiih... banget! Mereka nangis berat sambil manggil-manggil-setengah teriak-nama si bapak itu. "Bang (nama si bapak)!!!...." Berkali-kali. Sediiih banget begitu nonton bagian itu! Sempet ada perasaan mau nangis juga! Soalnya, adegannya di slow motion. Si bapak itu nengok ke arah mereka sambil ngacungin kedua jempolnya dan tersenyum puas, sertas bangga sambil naik ke mobil polisi. Anak-anak itu nangis, manggil-manggil si bapak, sambil berusaha ngejer mobil polisi di pinggir jalan. Si bapak tetep ngacungin jempolnya, dan perlahan-lahan senyumnya berubah menjadi raut orang yang tampak sedih, sekaligus bangga atas mereka yang mau memulai hidup baru, bukan sebagai pencopet....
Wah, jadi terharu... Adegannya juga di slow motion sih... Maaf kalo kalian jadi merasa udah gak seru lagi buat ditonton karena aku udah ngasih tau jalan ceritanya. Tapi, nonton di bioskopnya juga bakalan bikin terasa lebih seru lagi! Makanya, film ini aku rekomendasikan buat kalian. 5 bintang buat film ini!! ^0^

  • Share:

You Might Also Like

0 comments