Seminar Internet di SMPN 12 TangSel

By Kezia Tania - Tuesday, July 19, 2011

Jadi, gue baru aja selesai mengikuti re-test Bahasa Inggris buat masuk ke kelas bilingual. Harusnya sih, abis re-test Inggris, kita masih ada lagi re-test IPA. Tapi, gue nggak ikut re-test IPA lantaran dipanggil sama Bu Hetty (salah satu dari 2 orang guru Komputer gue) buat ngikutin seminar internet di SMPN 12 Tangsel bareng 4 orang anak lainnya yang dari anak kelas sebelah.

Gue pun nanya sama mereka, sampai kapan kita ngikutin seminar itu. Dan mereka bilang, kurang-lebih nyampe jam 12-an. Jadilah akhirnya kita pergi kesana naik mobilnya Pak Bandi, salah satu dari 2 orang guru Fisika kita -_- tentunya juga bareng sama Bu Hetty.
Pas nyampe disana, udah ada beberapa sekolah yang udah nyampe duluan dan udah pada duduk.
Ada 24 sekolah kayaknya -_- entahlah, gue sendiri juga lupa. Yang jelas, masing-masing sekolah diwakilin sama 5 muridnya gitu.
Disana kita dikasih pengarahan sama beberapa pakar internet, yang gue sendiri juga rada-rada lupa siapa aja yang ngomong di depan saking banyaknya -_-
Yang jelas, seinget gue ada Oki siapaaaaa gitu yang main di snetron Ketika Cinta Bertasbih. Eh, tunggu dulu. Itu sinetron atau film ya? -_- AAhh.. see? Gue bahkan nggak tau KCB itu termasuk sinetron atau film -_-

Ada lagi dari... waaahh, pokoknya ada banyak deh pembicaranya. (Banyak banget, atau... lupa? -_-)
Anyway, kita dikasih tau beberapa manfaat sama dampak buruk dari penggunaan internet yang sekarang lagi marak. Banyak banget.
Manfaat-manfaatnya antara lain:
1. Bisa nambah pengetahuan, sekaligus meperluas jaringan pertemanan.
2. Bisa belajar ngembangin keterampilan teknis dan sosial yang dibutuhin banget di
era digital kayak sekarang ini.
3. Bisa termotivasi buat belajar ngembangin diri melalui temen-temen yang kita jumpai
lewat internet.
4. Bisa sekaligus promosi karya-karya kita (asik~ hahahaha )
5. Bisa tetep berinteraksi sama keluarga, atau pun temen-temen kita meskipun
lokasinya nggak memungkinkan buat bikin pertemuan face-to-face (soalnya bisa lewat
Instant Messenger, Facebook, Twitter, Skype, dan mash banyak lagi)

Sedangkan dampak buruknya, antara lain adalah:
1. Banyaknya konten-konten nggak baik yang kesebar luas di internet (porografi,
penipuan, dan hal-hal lainnya yang mengandung SARA)
2. Ada beberapa link yang kalau dibuka, bisa menyebabkan komputer kita kena virus-
virus yang bisa ngerusak program-program komputer kita, dan bahkan nyuri data-
data lainnya yang penting.
3. Jadi males belajar dan malah mentingin ber-internet jadi prioritas nomer satu (yaahh, nggak nomer satu juga, sih :P)
4. Bikin kita jadi lebih mentinin diri sendiri, alias suka nggak merhatiin kehidupan di sekitar kita.
5. Kita jadi kebiasaan nulis pakai ejaan di dunia maya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebenernya sih, masih banyak lagi tapi berhubung tangan gue udah nggak kuat dan otak gue udah keburu kering, jadinya cuma segitu yang bisa gue tulis. Hehehehehe

Oh, iya ada juga kiat-kiat yang bisa dicoba biar ber-internet di rumah lebih aman dan nyaman. Kita bisa pasang software anti-virus buat mencegah virus-virus prusak program kita kayak virus, worm, dan trojan horse. Kita bisa isntall AVG anti-virus yang bisa di dapetin di: www.grisoft.com

Terus, buat para ortu nih. Kalo mau anak-anaknya aman ber-internet ria, bisa dipasang browser anak di komputernya. Software browser Kid Rocket, misalnya. Software browser ini udah dirancang sama pembuatnya untuk menyaring berbagai situs, gambar, atau teks yang nggak layak buat anak-anak. Browser aak juga didisain secara menarik dan gampang dipakai buat anak-anak. Meurut petunjuk buku Internet Sehat yang tadi dibagi-bagiin ke kami, browser anak Kid Rocket bisa didapetin di: www.kidrocket.org

Oh, iya. Di dalem buku Internet Sehat juga dikasih tau ada software yang namanya Firewall. Software ini bakalan ngebantu kita mencegah orang 'jahil' kayak black hacker yang suka ngambil data-data yang kita simpen di komputer kita. Contohnya, kayak ZoneAlarm. Bisa diliat di: www.zonealarm.com
Bokap gue sih katanya udah nginstall software ini. Kita nggak tau kapan si hacker bisa ngambil data-data kita, termasuk IP address kita kan?

Aduh, gue jadi bingung mau nulis apa lagi. Entar dulu. Ehm....


Oh ya. Disana kita juga dapet pengarahan tentang cara penggunaan komputer yang baik. Jangan pernah mau meng-confirm friend request dari orang-orang yang dikenal dar FB! Semakin sedikit mutual friendsnya, maka semakin berbahaya juga itu orang.

Tapi entah kenpa, kok rasanya gue jadi punya sebuah pertanyaan yang masih aja nyantol di kepala gue: Kalo misalnya yang nge-add itu sodara jauh kita, dan dia baru bikin FB dan belom ada mutual friend-nya, dan kita sendiri juga nggak begitu tau dia itu siapa, meskipun dia udah pasang profile piture dengan foto mukanya, trus kita harus ngapain dong? Confirm? Atau ignore?
Yah, mungkin jawabannya adalah ini: Tanyakan sama ortu kita, siapa orang itu.
Nah, kalo misanya ortu kita juga lupa, atau bahkan sama sekali nggak tau? Tanyakan sama sodara kita yang lain. Mungkin tante, atau om, atau sepupu kita.

Lah, kalo mereka juga nggak tau?
Ada 2 kemungkinan:
1. Orang itu nggak eksis di keluarga besar kita.
2. Hal itu tidak akan pernah terjadi.

Kalo udah menerima kenyataan yang pertama, cobalah membaca knyataan yang kedua. Bingung? Resah? Khawatir? Entahlah. Itu urusan kalian semua.

Sakit perut? Silakan 'nongkrong' di kamar mandi.
Nah, waktu itu juga sempet ditanya sama pembicaranya, "siapa yang disini bolegger?" Gue secara malu-malu menaik-turunkan tangan kanan gue bersama-sama dengan anak-anak dari sekolah lain yang juga sesama blogger.

Kaget juga gue.
Ternyata yang punya blog banyak juga ._.

"Tadi siapa yang cowok trus angkat tangan? Naaaahh, ayo ayo, maju kesini." ucap si pembicara-yang-gue-bahkan-nggak-tahu-siapa-namanya itu, sementara si anak maju ke depan dengan malu-malu.
"Yang cewek tadi mana yang angkat tangan? Ayoo... Tadi saya lihat, ada tuh yang di belakaaaaang..." katanya, sembari nmelihat ke arah dimana gue duduk.

mom push lah (tau kan maksud gue?) ucap gue dalem hati.
Lani sama Dea sibuk nyuruh-nyuruh gue untuk segera maju ke depan. Tapi gue diem aja.
Akhirnya, ada 1 cewek dari SMPN berapa, gitu. Dia maju kedepan.

"Naaah, ayo dong sini. Jangan malu-malu, nggak akan dikawinin kok." ucap si pembicara.
Et dah, wedeh. Yakali, mau dikawinin. Anak, anak siapaaaa yang ngawinin siape -___-"

Kedua anak ini ditanya, apa alasan mereka nge-blog. Yang cowok bilang, dia soalnya pengen berbagi cerita aja sama orang-orang di luar sana. Yang cewek juga sama. Dan mereka ditanya alamat blog-nya apa. Yang cowok dengan pedenya mengucapkan alamatnya, sedangkan si cewek sempet beberapa kali ngulang-ngulang alamatnya lantara malu-malu hamster pas nyebutinnya.

"Yang jelas, dong. Ntar nggak bisa diliat blogmu."
Oh mai gat. Betapa bodohnya gue tadi nggak maju aja kedepan. Siapa tau, si bapak ini suka sama blog gue, dan dia mempromosikan blog gue sebagai blog remaja cewek paling bergengsi se-internasional! *bergaya ala superhero berdiri di atas bukit sampah* YEAAAHHH...!! >:D

Ah, sudahlah. Penyesalan emang dateng diakhir sebuah peristiwa. Iya juga, ya. Mustahil yang namanya nyesel itu bisa dateng sebelum peristiwa dateng -___-
Yah, intinya begitu lah.
Di akhir acara, kita kedatengan sponsor dari Melon. Website dimana kita bisa men-download lagu-lagu favorit kita. Disitu kita cuma dibagiin voucher Melon sebesar Rp15.000 untuk 15 hari ngedengerin lagu-lagu yang kita download dari website tersebut, sama dibagiin brosurnya.

Sementara bagi-bagi voucher, kita juga dibagiin makan siang. Gue, Dea, Lani, Wongso, sama Nathan udah ngantuk setelah akhirnya sekitar 2 jam lebih, merhatiin seminar itu. Berhubung gue pake jaket dan ruangannya nggak ber-AC, gue jadi keringetan terus.
Kepala gue sampai pusing gara-gara belom makan sama sekali. Gue biasa minum susu doang buat sarapan tiap pagi. Kalo ditambah pake roti, gue bisa kekenyangan. Kalo dkasih sarapan nasi sepiring penuh, mungkin gue bisa muntah.

Gak lah. Tapi pernyataan bahwa sarapan gue tiap pagi adalah segelas susu doang, adalah pernyataan yang 100% so true.

Akhirnya, sekolah kita kebagian buat dapet giliran ngambil makan siang. Bagaikan sekelompok orang yang tersesat di hutan dan khirnya ketemu sebuah pemukiman penduduk, kita berlima hepi dapet makan siang McD.

Apalgi pas dibuka, ayamnya ada 2 potong masing-masing anak -_-
Tambah 'game broth' deh gue. (tau kan maksud gue?)

Banyak sekolah-sekolah lain yang pada makan siang disitu. Tapi Pak Bandi ngebolehin kita untuk pulang duluan, lantaran mungkin dia udah bosen juga nungguin kita ikut seminar. Ahahahaha -_-

Jadilah kita pulang dianter Pak Bandi ke sekolah. Nyampe di sekolah, kita balik lagi ke kelas masing-masing. Yah. Surem deh.
Gue jadi nggak enak rasanya, mau masuk kelas sendirian. Tapi toh akhirnya gue masuk juga lantaran nggak ada satu anak pun di kelas gue yang memedulikan keberadaan gue.

Untungnya, pas masuk, lagi pelajarannya Ms. Megan. Aman nyaman damai dan tentram deh. Eh, nggak juga. Yah, intinya abis dari seminar itu, kita semua balik lagi ke kelas masing-masing dan ngikutin KBM sampai pulang nanti :D

  • Share:

You Might Also Like

0 comments