Jamboree on Monday, June 7th 2010

By Kezia Tania - Wednesday, June 09, 2010

Hai! Udah pulang dari Jambore nih kemarin! Banyak banget yang mau diceritain tentang kegiatan-kegiatan di Jambore se-Penabur Jakarta 2010 kemaren.

Jadi, kita semua (anak SMPK PBJ) udah ngumpul di lobby SMP. Ternyata, kita beneran naik tronton! Hahaha.. Kocak juga sih rasanya.. Ada 5 tronton yang dipake di sekolah kita. Aku sama sebagian anak 7A naik di tronton 1. Sebelumnya kita semua berdoa dulu supaya berangkat dan nyampenya juga selamat.
Barang-barang yang aku bawa lumayan berat. Ada 2 tas; ransel sama 1 lagi, tas jinjing yang super gede! Ditambah lagi sama tongkat yang udah dicat merah (kalo yang cowok, dicat biru). Tronton 1 paling jauh letaknya dari lobby, karena berangkat duluan. Kita semua duduknya sempit-sempitan. Ditambah lagi kaki yang serasa nggak bebas, karena banyak tumpukan-tumpukan tas dan tongkat yang ditaruh di bawah.
Akhirnya, nyampe juga di Cibubur. Tempatnya luaaaaasss banget! Rumput-rumputnya sama pohon-pohonnya juga masih banyak yang tumbuh. Tapi, walaupun udah banyak pohon-pohonnya, tetep juga panasnya minta ampun!
Nyampe sana, kita langsung beres-beresin tenda. Tendanya dibagi per-regu. Aku punya regu Lavender. Tendanya lumayan gede. Muat sampe 10 orang. Tapi, reguku cuma 7 orang. Ya udah, deh. Hahaha... Pertamanya kita kasih koran dulu. Baru, dikasih terpal yang terpalnya dari guru. Terus, kita kerjasama naro tikernya. Yang bawa tiker aku, Aivi, sama Gaby.
Abis itu, selama waktu buat beres-beresin tenda masih ada, kita disuruh bikin parit. Kita punya 1 sekop buat bikin parit. Parit yang kita bikin belom selesai karena udah disuruh ngumpul di lapangan buat upacara pembukaan.
Banyak juga sih yang belom selesai paritnya. Susah bikin paritnya! Tanahnya juga lumayan keras, jadinya kita butuh nyiramin air supaya tanahnya jadi lembek. Di lapangan, pas lagi pada duduk buat dengerin pengumuman, aku lagi tengok kanan-kiri. Abis, panas buangaaaatttzzzz! Eh, pas nengok kiri, aku ngeliat ada temenku, anak Tirta Marta. Nggak sengaja mata kita sama-sama ngeliat. Namanya Abel.
Langsung deh, diem-diem say 'hai' sambil ngelambaiin tangan. Dia juga manggil temenku yang lain, namanya Deby. Hahaha.. Langsung seneng deh ketemu ma temen-temen yang lain.. Begitu udah selesai, kita balik lagi ke tenda buat ganti baju. Baju yang dibagiin buat kegiatan 1. Kegiatan 1 itu, kita disuruh nyari stempel kegiatan yang WAJIB kita dapetin, minimal 10. Katanya kalo nggak dapet minimal 10, berarti di kelas 8 kita harus ngulang Jambore lagi... bersama adik kelas! Wah, nggak mau banget kan pastinya?
Aku sempet panik juga, saking nggak mau ngulang lagi dikelas 8. Stan-stan yang nyediain stempel banyak banget! Nyebar di daerah Cibubur tempat kita Jambore seluas lebih dari 1 hektar! Well,.. nggak nyebar sampe SELURUH tempat itu, sih.. Tapi, lumayan jauh-jauh juga sih letaknya -_____-" Stan pertama yang aku sama Aivi datengin adalah stan yang ada kerajinan tangannya kayak gambar sketch, sama bikin kreasi dari tanah liat. Terus, kita ke Go Green. Di Go Green kita diterangin gimana jadinya dunia kalo udah ga ada lagi pohon-pohon, dan mulai ada pencemaran lingkungan yang gokil-gokilan.
Stan ketiga, kita ke mana.... gitu. Lupa! Pokoknya, kalo nggak salah abis itu kita ke stan kerajinan janur. Disana kita bikin kerajinan janur yang macem-macem. Bisa pilih salah satu. Aku sama Aivi sih milih yang bikin kayak 'pedang-pedangan'. Kita udah bolak-balik ke janur.. Karena rame dan ga bisa, kita tinggalin janurnya dan pindah ke Pengolahan sampah. Hoki bangeeett!! ^_^ Waktu itu, lagi ada beberapa anak yang udah mulai penjelasan pengolahan sampahnya. Terus, kita belakangan masuknya. Ya udah, disuruh bareng anak-anak yang duluan. Jadi cepet deh! *Hahaha!!*

Terus, kita balik lagi ke janur. Butuh waktu 30 menit buat kita buat bikin kerajinan janurnya. Abis, ga ngerti! Mana rame lagi! Jadi orang yang ngajarin juga bingung. Kasian juga, sih.. Dia belom makan, sementara kita udah... Karena gedeg juga dan takut ga kebagian stempel, aku nyamperin anak sekolah lain. Cewek, lagi bertiga. Aku nanya sama yang lagi ngajarin temen-temennya. Anaknya friendly abieeezz!! Dari Penabur 3, atau 1 kalo nggak salah. "Eh,.. em.. Boleh minta ajarin nggak? Kita nggak ngerti nih.. Hehe" (aku) "Ooh.. Boleh, kok. ^_^" (dia)
Alhasil, karena minta tolong, kita jadi ngerti! Dan, kita juga kenalan masing-masing. Friendly, baik, wah! Enak banget kalo punya temen yang kayak gitu! Hahaha.. Bodohnya, kita bukannya saling ngisi buku 'perkenalan antar sekolah' yang ada di buku stempel itu juga.
Akhirnya, selesai juga bikin janurnya. Waow! Keren juga, ya bikin kerajinan janur kayak gini! @_^ Dan aku lupa abis itu ke stan mana aja.. Hihihi!
Yang jelas, ada apel sore lagi di lapangan. Apel tuh upacara, tapi nggak lengkap. Jadi kan kalo upacara itu sampe Pembukaan,... dan teman-temannya dibacain. Kalo ini enggak. Malemnya, ada pensi. Seru juga! Ada panggungnya, lumayan gede. Setiap sekolah punya perwakilan masing-masing buat acara pensinya. Sekolahku bikin acara nri. Cuma ada 3 orang. Dan masih banyak lagi. Ada juga band SMA PHI. Kalo nggak salah ada 2 band. Yang 1 yang ada ceweknya. Yang 1 lagi yang cowok semua.
Yang cowok semua nyanyiin lagu yang hampir semua liriknya itu di-scream-in.. Ada juga modern dance dari sekolah-sekolah lain. Rame banget lapangannya! Semuanya pada berdiri sampe nggak keliatan!
Malemnya, bikin acara sekolah sendiri-sendiri. Kita, PBJ bikin api unggun dan acara-acara perregu. Reguku kedapetan bikin drama. Ya udah. Kita bikin drama tentang Jambore gitu. Pas semua regu udah selesai nampilinatraksi-atraksinya, sekarang giliran Dewan Galangnya yang bikin atraksi.
Karena DG, otomatis isinya anak-anak kelas 8. Tapi, atraksinya dipimpin sama kakak Pembinanya. Ada 2 atraksi. Atraksi pertama keren! Jadi, ada beberapa botol teh botol, yang isinya juga teh botol. Sama sekali belom dibuka bersama tutupnya! Dan ada ember.
Untuk atraksi ini, yang wakilin cowok, Kak Andre. Jadi, botolnya dipegang di tangan kiri. Tangan kanan dibuka jauh diatas botolnya. Diem beberapa saat. Katanya, lagi konsentrasi. "Perhatikan, ini. Ini bukan untuk 'keren-kerenan', ya! Tapi butuh konsentrasi!" kata kakak Pembinanya. Lalu.. PRAAAANGGSSSHH! Pecah botolnya! Pecahan belingnya dan airnya masuk di embernya. Hebat! Padahal cuma dipukul pake 1 tangan yang kebuka.
Untuk yang cewek, yang wakilin Kak Indah. Sama kayak tadi. Tapi, dia nggak bisa-bisa berkali-kali. Trus, kakak Pembinanya bilang "Ini pasti ada yang bilang dalam hati kalo ini pasti nggak mungkin bisa. Konsentrasi.." PRAANGSSHH!! Eh! Bisa! Cool! ^0^
Atraksi yang kedua, yang jadi 'bahan percobaan'-nya Kak Adit. Jadi, jidatnya kayak dipegang sama kakak Pembina, terus dia jatuh tertidur dibelakang. "Kakak akan berkomunikasi dengan Adit, melalui alam bawah sadarnya. Disini Adit dapat menjawab berapa banyak barang yang kalian pegang nanti, dalam keadaan tidur." kata kakak Pembinanya.
Nadia, yang jadi sukarelawan ngambil 2 buah senter. Kak Adit yang katanya lagi tidur, matanya ditutup pake kain tebel. Terus, kakak Pembinanya bilang, "Adit, ada brapa banyak barang yang dipegang Nadia tadi?" "2." Gila! Bisa begitu! Begitu juga anak-anak lain yang jadi sukarelawan. Semua jawabannya bener.
Nah, ujung-ujungnya ini yang rada bikin tegang! Kita disuruh doa, supaya Kak Aditnya bangun! Waduh? Jadi.. Kak Aditnya ini koma atau kenapa sih? Lamaaaaa... banget. Kakak Pembinanya juga berusaha bangunin Kak Adit, dan bilang "Ah, ini.. komunikasinya terputus, ini. Adit, kakak menyuruhnmu untuk bangun sekarang." Ga bangun-bangun. DG-DG yang dibelakang udah mau nangis, gitu. Takut Kak Aditnya kenapa-kenapa. Akhirnya, bangun juga!
Syukur, deh.. Oh ya, abis itu ada beberapa anak yang dipanggil. Mereka diomelin sama DG-nya. Kak Andre sama Kak Gaby. Sarah, yang dipanggil juga diem-diem nangis. Terus, Kakak Pembinanya bilang, "Marvin, ucapkan apa yang mau kamu katakan ke Sarah, begitu juga (DG yang cewek)" "Happy Birthday, Sar." Oalaaaahh.. Ternyata Sarah ultah! Ya ampuun.. Bikin surprise segala.. Akhirnya, kita semua balik ke tenda sekitar jam setengah 2 pagi... Hehehe :)

  • Share:

You Might Also Like

0 comments