Putus Asa

By Kezia Tania - Sunday, October 24, 2010

Pernah ngerasain gimana, dan apa rasanya putus asa? Semua orang di dunia ini jelas pernah, dan pastinya akan mengalami perasaan yang namanya putus asa.

Gue sendiri juga nggak jarang ngerasain yang namanya putus asa. Bahkan kalau perlu dikasih tahu, gue nggak jarang punya keinginan yang besar buat bunuh diri.

Iya, iya.. Gue tahu kok kalo bunuh diri itu sama sekali bukan solusi terbaik buat menghindari, atau bahkan menyelesaikan masalah yang dihadapi yang membuat diri kita sendiri putus asa.

Itu sama aja dengan bikin orang-orang di sekeliling kita kecewa berat dan sedih banget sama kita.

Tapi kalo dipikir-pikir.. Ngapain juga, sih mereka peduli sama diri kita yang udah jelas-jelas nggak berguna banget tinggal di dunia ini? Ya nggak?

Dan banyak juga kejadian-kejadian di dalam hidup yang bikin gue punya keinginan untuk bunuh diri. Ada beberapa faktor. Yaitu:
1. Tekanan dari sekolah
2. Tekanan dari keluarga
3. Tekanan dari jaringan sosial

kalo dari sekolah, udah pasti karena nilai-nilai jelek, dan tugas-tugas yang semakin lama semakin ribet dan nggak masuk akal di pikiran kita. Selain itu, juga karena ada temen sekolah yang bawaannya jengkel melulu, atau nggak keras kepala, dan bahkan sotoy, alias sok tahu.
Hal-hal kayak gitulah yang bikin gue jadi stres, yang berujung kepada keputus asaan.

Kalo dari rumah, ya udah pasti (rata-rata) karena keluarga yang kurang akrab.

Kalo dari jaringan sosial, mungkin juga karena kita baca status-status yang diupdate sama temen-temen kita yang bikin kita jadi rendah diri, alias minder. Dan akhirnya, jadi gampang putus asa.

Dan sebagian besar, mungkin itu yang jadi faktor-faktor pendorong sifat putus asa yang ada dalam diri kita.

Akhir-akhir ini gue jadi sering banget putus asa. Capek ngadepin hidup, capek ngadepin kenyataan yang Tuhan berikan ke diri gue. Pokoknya capek. Bener-bener capek. Capek sama semuanya.

Memang, sih.. Putus asa itu nggak baik. Tapi punya perasaan atau pengalaman putus asa itu wajar-wajar aja, kok buat semua manusia.


Pokoknya, yang jauh lebih baik itu, memang jangan mudah berputus asa! Soalnya hidup kita masih jauh ke depan! ^_<.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments